Strategi Pengembangan Bisnis Agroindustri Berbasis Ikan Air Tawar di Kabupaten Cianjur
Abstract
Kabupaten Cianjur memanfaatkan potensi sektor pertanian terutama ikan
air tawar dalam meningkatkan pembangunan ekonomi daerah. Bisnis agroindustri
berbasis ikan air tawar sudah dikembangkan di Kabupaten Cianjur, namun masih
memiliki banyak tantangan dan kendala yang harus dihadapi. Penelitian ini
bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis dan menentukan
produk agroindustri berbasis ikan air tawar yang berpotensi untuk dikembangkan.
Perencanaan strategi dikembangkan dengan menggunakan evaluasi faktor internal
dan faktor eksternal (matriks IFE-EFE) yang diikuti dengan matriks perencanaan
strategi kuantitatif (QSP). Total skor bobot pada faktor internal adalah 2 774 dan 2
581 untuk faktor eksternal. Pada matriks internal-eksternal posisi bisnis terdapat
pada kuadran kelima. Berdasarkan posisi tersebut terdapat strategi-strategi yang
disarankan dalam pengembangan bisnis agroindustri berbasis ikan air tawar di
Kabupaten Cianjur. Metode Perbandingan Eksponensial (MPE) digunakan untuk
pemilihan produk dan menghasilkan nilai prioritas keputusan dari tiga pakar.
Hasilnya menunjukkan bahwa nilai MPE dari produk olahan tradisional sebesar
240 101 248 dan produk olahan modern sebesar 541 934 208.