dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis determinan status gizi dan
pengaruhnya pada prestasi akademik anak sekolah dasar di daerah kampung
nelayan Puger, Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional
study, dengan subjek penelitian berjumlah 60 anak. Hasil analisis menunjukkan
bahwa 100% contoh kurus berjenis kelamin laki-laki dan 77.8% contoh gemuk
berjenis kelamin perempuan. Tidak terdapat perbedaan signifikan antara besar
keluarga, pendidikan dan pendapatan/kapita keluarga pada contoh kurus, normal,
dan gemuk. Terdapat perbedaan signifikan tingkat kecukupan energi dan zat gizi
(kecuali fosfor, vitamin A, dan C) pada contoh kurus, normal, dan gemuk. Prestasi
akademik contoh kurus dan gemuk signifikan lebih rendah daripada contoh
normal. Pola asuh orang tua demokratis lebih banyak diterapkan oleh keluarga
anak dengan nilai cukup (83.3%) dan lebih dari cukup (90.0%) daripada keluarga
anak dengan nilai kurang (44.1%). Terdapat hubungan signifikan positif antara
tingkat kecukupan energi, protein, lemak, Zn dan hubungan signifikan negatif
antara skor food coping strategy dengan status gizi. Status gizi tidak berhubungan
dengan prestasi akademik, tetapi pendidikan ibu, pendapatan/kapita keluarga,
tingkat kecukupan energi, protein, kalsium, vitamin A, vitamin C dan pola asuh
orang tua berhubungan dengan prestasi akademik. Faktor determinan status gizi
anak sekolah dasar adalah tingkat kecukupan lemak dan perilaku food coping
strategy. Status gizi tidak berpengaruh dengan prestasi akademik. | id |