Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa SMA/SMK untuk Melanjutkan Pendidikan
Abstract
Minat adalah kencenderungan seseorang untuk menampilkan suatu
perilaku. Berdasarkan theory of planned behavior (TPB), minat dipengaruhi oleh
sikap, norma subjektif, serta kontrol perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis faktor yang mempengaruhi minat siswa untuk melanjutkan
pendidikan. Rsponden dalam penelitian ini adalah 80 siswa (17-20 tahun) yang
bersekolah di SMA/SMK di Kabupaten Bogor Barat yang dipilih secara random
sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dan sikap
siswa berada pada kategori tinggi sedangkan tingkat norma subjektif, kontrol
perilaku, dan minat siswa berada pada kategori sedang. Uji hubungan
menunjukkan bahwa pengetahuan memiliki hubungan positif signifikan dengan
kontrol perilaku. Sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku memiliki hubungan
positif signifikan dengan minat. Uji pengaruh menunjukkan bahwa usia ayah,
tingkat pendidikan ibu, besar keluarga, sikap, serta norma subjektif memiliki
pengaruh terhadap minat siswa untuk melanjutkan pendidikan (p<0.01).