View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Nutrition Science
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Nutrition Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Tingkat Penerimaan Media Pendidikan Gizi (Buku Cerita Bergambar) dan Pengaruhnya Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang pada Anak.

      Thumbnail
      View/Open
      Full text (16.06Mb)
      Date
      2017
      Author
      Purnamasari, Rizka
      Rimbawan
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Buku cerita bergambar merupakan salah satu media pendidikan yang dapat digunakan untuk belajar tentang kesehatan dan gizi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerimaan dan pengaruh media pendidikan gizi berupa buku cerita bergambar dan leaflet terhadap perbaikan pengetahuan gizi seimbang pada anak. Penelitian ini menggunakan quasi experimental study dengan pretest-posttest control group design yang dilaksanakan pada bulan Agustus-November 2016 di SDN 03 Babakan Dramaga Bogor. Subjek terdiri dari 62 orang: 31 orang dari kelas 5A sebagai kelompok intervensi (buku cerita bergambar) dan 31 orang kelas 5B sebagai kelompok kontrol (leaflet). Metode yang digunakan adalah pretest tiga hari sebelum intervensi, intervensi dan posttest pertama pada hari yang sama, dan posttest kedua dua minggu setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan kelompok intervensi mengalami peningkatan rata-rata skor pengetahuan gizi secara signifikan (p<0.05) dari 68.1±17.8 menjadi 94.4±7.8, lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yaitu dari 76.9±20.0 menjadi 88.9±10.8. Setelah dua minggu, terjadi penurunan pengetahuan gizi pada kelompok intervensi menjadi 93.4±12.6, sedangkan untuk kelompok kontrol terjadi peningkatan menjadi 89.0±12.1, namun tidak melebih rata-rata skor kelompok intervensi. Selain itu, sebanyak 93.5% subjek menyatakan sangat menyukai buku cerita bergambar yang digunakan. Secara umum, media pendidikan gizi yang digunakan dalam penelitian ini memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan pengetahuan gizi anak.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84692
      Collections
      • UT - Nutrition Science [1764]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository