View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agricultural Technology
      • UT - Agro-Industrial Engineering
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agricultural Technology
      • UT - Agro-Industrial Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Kajian Prospek Bisnis Hakko Kombucha dengan Pendekatan Value Based Marketing.

      Thumbnail
      View/Open
      Full text (14.21Mb)
      Date
      2017
      Author
      Kuswadi, Aldrian
      Hartrisari, Hardjomidjojo
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi pemasaran dengan pendekatan value based marketing sebagai upaya pencapaian target PT Fermenation Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan penjualan sebesar 200% di tahun 2017. Perusahaan perlu mengetahui terlebih dahulu target stakeholder dan relasinya dengan perusahaan, untuk itu dilakukan pemetaan rantai pasok dari produk Hakko Kombucha. Relasi antara perusahaan dengan stakeholder dianalisa untuk mengetahui stakeholder utama dalam rantai pasok. Strategi pemasaran yang disusun diharapkan dapat meningkatkan engagement antara produk Hakko Kombucha dengan konsumennya. Metode yang digunakan adalah pendekatan rantai pasok dengan metode Value Stream Mapping (VSM) untuk memetakan keseluruhan proses bisnis dari pemenuhan bahan baku sampai ke saluran distribusi. Melalui VSM didapatkan tiga aliran yang meliputi aliran produk, aliran keuangan, dan aliran informasi. VSM juga menghitung lead time serta value added time dalam rantai pasok Hakko Kombucha. Stakeholder yang terlibat dalam rantai pasok Hakko Kombucha dianalisa menggunakan metode Stakeholder Engagement (SE). Tahapan SE yang digunakan adalah analisa stakeholder dan pemetaan stakeholder. Dalam SM, stakeholder dianalisa dan dikelompokan berdasarkan penilaian atribut kepakaran, kesediaan, dan nilai. Hasil penilaian dipetakan dalam diagram scatter dan stakeholder digolongkan dalam tiga kelompok, yaitu engage, communicate, dan inform. Peneliti menyusun aktifitas pemasaran yang sesuai untuk stakeholder utama yang terdapat pada kategori engage dengan prinsip pendekatan Marketing 3.0. Pendekatan Marketing 3.0 yang dilakukan adalah cocreation, communitization, character building, dan value based marketing. Hasil penelitian yang dicapai adalah pemetaan rantai pasok, analisa stakeholder, dan aktivitas pemasaran untuk stakeholder utama Hakko Kombucha.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84365
      Collections
      • UT - Agro-Industrial Engineering [2502]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository