dc.description.abstract | Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, penggunaan
internet sudah tidak asing lagi dalam memasarkan suatu produk atau jasa dengan
menggunakan media internet yaitu melalui online marketing. Hotel Arch, Hotel Braja
Mustika dan Hotel Whiz Prime merupakan salah satu hotel di Bogor yang menerapkan
online marketing dan sebagai salah satu cara mempromosikan hotel kepada konsumen.
Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis karakteristik konsumen Hotel Arch, Hotel Braja
Mustika dan Hotel Whiz Prime (2) pengaruh online marketing terhadap keputusan
pembelian (3) faktor yang mempengaruhi online marketing terhadap keputusan
pembelian. Metode penarikan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling
dengan teknik convenience sampling dan diperoleh sampel sebanyak 120 responden
dengan menggunakan rumus Slovin. Data diolah menggunakan analisis regresi linier
berganda. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan karakteristik konsumen Hotel Arch,
Hotel Braja Mustika dan Hotel Whiz Prime didominasi usia 28-34 tahun dengan
pengeluaran sebesar Rp 2.000.001-Rp 5.000.000 yang bekerja sebagai pegawai bank dan
berjenis kelamin perempuan. Online marketing berpengaruh terhadap keputusan
pembelian Hotel Arch, Hotel Braja Mustika dan Hotel Whiz Prime dengan pengaruh
sebesar 40.8% dan variabel online marketing yang paling berpengaruh terhadap
keputusan pembelian yaitu kepercayaan dan kualitas informasi. | id |