Pengaruh Etnosentrisme Konsumen Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Perilaku Pembelian Produk Makanan Dalam Dan Luar Negeri
View/ Open
Date
2015Author
Rahmawati, Nanda Amalia
Muflikhati, Istiqlaliyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Masuknya produk makanan luar negeri ke Indonesia menyebabkan
konsumen memiliki alternatif untuk membeli produk dalam atau luar negeri.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh etnosentrisme konsumen
dan persepsi kualitas produk terhadap perilaku pembelian produk makanan dalam
dan luar negeri. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional study dengan
melibatkan 100 orang konsumen Pasar Bawah Pekanbaru secara convenience.
Hasil penelitian menunjukkan etnosentrisme konsumen pada umumnya termasuk
dalam kategori sedang. Persepsi kualitas produk makanan dalam negeri lebih
tinggi daripada persepsi kualitas produk makanan luar negeri. Berdasarkan hasil
uji regresi logistik multinomial menunjukkan bahwa etnosentrisme dan persepsi
kualitas produk dalam negeri berpengaruh negatif signifikan terhadap pembelian
produk makanan. Konsumen yang memiliki etnosentrisme yang tinggi berpeluang
untuk membeli produk luar negeri lebih sedikit. Semakin tinggi persepsi kualitas
produk dalam negeri yang dirasakan konsumen berpeluang lebih sedikit untuk
membeli produk campuran (dalam dan luar negeri).