Strategi Pengembangan Bisnis Produk Gel Handsanitizer
View/ Open
Date
2014Author
Puspasafitri, Devi Umi
Hardjomijojo, Hartrisari
Metadata
Show full item recordAbstract
Handsanitizer umum digunakan masyarakat untuk membersihkan tangan di era modern. Berkembangnya peluang pasar produk handsanitizer mendorong terbukanya peluang bisnis produk tersebut. Tujuan dari kajian ini adalah mempersiapkan strategi peluncuran produk ini ke pasar. Terdapat dua tahap dalam kajian ini yakni desain produk dan perencanaan strategi. Desain produk mencakup identifikasi pasar, desain prototipe penentua harga pokok dan penerimaan pelanggan. Perancangan strategi dikembangkan dengan menggunakan evaluasi internal faktor dan eksternal faktor (matriks IFE-EFE) yang diikuti dengan matriks perencanaan strategi kuantitatif (QSP). Hasil yang diperoleh menunjukan bauran pasar produk sebesar 1.23 juta dan desain produk yang dipilih adalah kemasan sekali pakai. Harga pokok produk adalah Rp 4 032. Hasil juga menunjukkan penerimaan pelanggan yang tinggi terhadap produk. Terdapat 20 faktor yang mempengaruhi peluncuran produk (secara internal dan eksternal). Total skor bobot pada faktor internal adalah 2.568 dan 2.620 untuk faktor eksternal. Dengan analisis kartesius, dapat dilihat bahwa posisi bisnis terdapat pada kuadran kelima. Berdasarkan posisi tersebut, strategi-strategi yang disarankan adalah strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk.