Studi Kemampuan Murid Sekolah Dasar Kelas Lima sebagai Pencatat Pola Konsumsi Pangan Keluarga dalam Rangka Pengamatan Perubahan Situasi Pangan Penduduk
Abstract
Pengamataa perubahaa pola konsumsi pangan merupakan salah satu cara pengamatan perubahan situasi pangan penduduk di suatu daerah. Agar gambaran situasi pangan yang diperoleh tepat, diperlukan suatu cara pengamatan yang dapat diandalkan. Salah satu alternatif, kiranya murid sekolah dasar kelas lima dapat dicoba untuk membantu sebagai pencatat dalam kegiatan pengamatan pola konsumsi pangan penduduk dengan unit pengamatan pola konsumsi pangan keluarga. Dalam penelitian ini, yang dimaksud dengan pola konsumsi pangan mencakup frekuensi masak dan makan sehari serta jenis dan kuantitas bahan makanan yang dikonsumsi keluarga sehari. Penelitian dilakukan di empat desa rawan di Kabupaten Boyolali.
Collections
- UT - Nutrition Science [2989]