Kajian tentang Pembelian, Konsumsi, dan Respon Konsumen Fast Food di Wilayah DKI Jakarta
Abstract
Tujuan umum penelitian adalah untuk mengetahui pembelian, konsumsi, dan respon konsumen terhadap fast food di wilayah OKI Jakarta. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk : (I) mengetahui faktor individu yaitu umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, besar keluarga, dan pengeluaran keluarga per bulan, (2) mengetahui karakteristik pembelian yang meliputi tempat pembelian, frekuensi pembelian, serta motivasi pemilihan restoran fast food, (3) mengetahui karakteristik konsumsi fast food yang meliputi jenis dan waktu yang biasa digunakan konsumen untuk mengkonsumsi fast food, (4) mengetahui respon konsumen setelah mengkonsumsi fast food, (5) mengetahui hubungan antara faktor individu dengan karakteristik pembelianfastfood (frekuensi dan tempat). Data yang digunakan adalah data hasil survei Perusahaan Riset Pemasaran Jakarta. Penelitian dilakukan dari bulan Agustus 1998 sampai dengan Oktober 1999. Pemilihan Jakalta sebagai lokasi penelitian ditentukan seeara purposif. Responden dalarn penelitian ini berjumlah 316 orang yang dipilih dengan eara kombinasi baik seeara aeak sistematik maupun seeat'a purposif. Responden merupakan salah satu anggota keluarga yang memenuhi kriteria sebagai berikut: (a) berasal dari keluarga yang anggotanya tidak ada yang memiliki atau bekerja di perusahaan penelitian, riset pemasaran, perusahaan periklanan, mass media, restoran, supermarket, ataupun perusahaan yang memproduksi makanan; (b) usia berkisar antara 15-45 tahun; (c) pengeluaran keluarga di atas Rp300.000,OO per bulan, serta; (d) makan di restoran fast food minimal 2 kali dalam sebulan. J enis data yang digunakan adalah data sekunder. Data terse but meliputi karakteristik responden dan keluarganya, karakteristik pembelian, karakteristik konsumsi, dan respon responden sebagai konsumen fasl food. Restoran filsl food pada penelitian ini adalah Texas Fried Chicken, Kentucky Fried Chicken (KFC), California Fried Chicken (CFC), Wendy's, dan Mc. Donald's. Data tersebut dikumpulkan melalui wawancara dengan bantuan kuesioner. Wawancara dilakukan di rumah responden. Data yang terkumpul ditabulasikan dan dianalisis secara deskriptif dan statistik dengan menggunakan program Excel dan SPSS. Besar keluarga merupakan jumlah anggota keluarga yang ada di dalam keluarga. Data motivasi diperoleh dari pengelompokan jawaban responden berdasarkan cita rasa, pelayanan, tempat, dan harga. Data frekuensi pembelian maupun konsumsi dibagi menjadi dua yaitu frekuensi tinggi dan rendah. Uji Korelasi Spearman digunakan untuk mengetahui hubungan antat'a faktor individu dengan frekuensi pembelian. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan antara faktor individu pada responden yang frekuensi pembeliannya tinggi dengan responden yang frekuensi pembeliannya rendah digunakan Uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase terbesar responden berada pada selang umur IS - 20 tahun. lumlah responden laki-Iaki dan perempllan berimbang, yaitu laki-Iaki 51,6% dan perempllan 48,4%. Mayoritas responden berpendidikan sekolah menengah peliama. Persentase terbesar responden adalah mahasiswalpelajar (37,0%). Persentase tertinggi keluarga memiliki pengeluaran lebih dari Rp900.000,00 (21,1 %). Seeara umum besar keiuarga responden berada pada selang 3 - 6 orang. Informasi mengenai fast food lebih banyak diperoleh responden melalui televisi, terutama informasi mengenai restoran Me. Donald's. Mayoritas responden menyatakan pengambilan keputusan dalam menentukan tempat pembelian dilakukan oleh dirinya sendiri, sedangkan lingkllngan so sial yang paling berperan dalam pengambilan keputusan tersebllt adalah teman (paear). Hampir setengah dari jumlah responden melakukan pembelian fast food di restoran Texas. Pada umumya fi'ekuensi pembelian yang dilakukan responden adalah lebih dari tiga kali dalam sebulan. Motivasi responden dalam melakllkan pembelian adalah eita rasa makanan/minuman, pelayanan, harga yang terjangkall, dan suasana yang menyenangkan. Pada tahap mengkonsumsi, jenis Jast Jood yang paling digemari responden adalah ayam goreng crispy. Mayoritas responden menggunakan waktu untuk mengkonsumsifast Jood pada pukul 15 - 21 WIB, yaitu pada jam makan sore/malam, baik pada akhir pekan l11aupun pada hari kerja. Seeara umum konsumen puas terhadap kelima restoran yang diteliti (Texas, KFC, CFC, Wendy's, dan Me. Donald's). Menurut responden di antara kelima restoran tersebut yang memperoleh nilai teliinggi di mata responden adalah restoran Me. Donald's, sedangkan restoran yang memperoleh nilai terendah adalah Texas. Faktor individu yang berhubungan nyata dengan frekuensi pembelian adalah pengeluaran keluarga, sedangkan tempat pembelian eenderung berhubungan dengan umur,jenis kelamin, dan pengeluaran keluarga.
Collections
- UT - Nutrition Science [2987]