Analisis Pengaruh Digital Content Marketing terhadap Brand Equity dengan Mediasi Consumer Brand Engagement dan Moderasi Influencer pada TikTok
Abstract
Pertumbuhan pengguna TikTok di Indonesia mendorong brand lokal seperti Ecinos untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital. Namun, engagement Ecinos menunjukkan adanya kesenjangan antara jumlah pengikut yang besar dengan tingkat keterlibatan yang rendah, yang berpotensi menghambat penguatan
brand equity. Penelitian ini menganalisis pengaruh elemen digital content marketing (DCM) terhadap consumer brand engagement (CBE) dan dampaknya terhadap brand equity, dengan social media influencer (SMI) sebagai variabel moderasi. Responden penelitian berjumlah 204 pengguna aktif TikTok di Jakarta yang telah berinteraksi dengan konten Ecinos. Pengambilan sampel menggunakan metode quota sampling. Analisis data menggunakan deskriptif dan SEM-PLS. Hasilnya menunjukkan bahwa konten dengan entertainment dan information focus
secara signifikan memengaruhi CBE, sementara fokus lainnya tidak berpengaruh signifikan. Selain itu, CBE terbukti berpengaruh signifikan terhadap BE, dan SMI hanya berhasil memoderasi hubungan antara information focus dan CBE.
Collections
- UT - Management [3620]
