Show simple item record

dc.contributor.advisorDewi, Farida Ratna
dc.contributor.authorAlfito, Fiqih Mauzan
dc.date.accessioned2025-08-19T02:50:16Z
dc.date.available2025-08-19T02:50:16Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/169794
dc.description.abstractPertumbuhan investor pasar modal di Indonesia terus meningkat begitu cepat selama beberapa tahun terakhir, yang mencerminkan meningkatnya minat masyarakat di pasar modal. Dengan pertumbuhan yang terus meningkat, investor di Indonesia di dominasi oleh mahasiswa maupun pelajar. Meskipun investasi semakin diminati, namun kerugian akibat investasi illegal juga terus meningkat. Kondisi ini mengindikasikan bahwa tingkat literasi investasi di Indonesia masih relatif rendah. Sebagai upaya untuk meningkatkan literasi Investasi dikalangan mahasiswa, Manajemen IPB University mengintegrasikan mata kuliah Manajemen Investasi ke dalam kurikulum. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur literasi investasi mahasiswa, mengukur literasi investasi mahasiswa dengan metode edukasi PJBL dan non-PJBL, dan mengukur literasi investasi mahasiswa terhadap keputusan investasi dengan variabel metode edukasi sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang diperoleh dari kuesioner terhadap 158 responden dan pendekatan kualitatif yang diperoleh melalui in-depth interview. Penelitian ini menggunakan analisis data analisis deskriptif, Uji Mann Whitney U-test, dan Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEMPLS). Berdasarkan penelitian Mahasiswa Manajemen IPB University, memiliki literasi investasi yang cukup tinggi, dan tidak ada perbedaan signifikan literasi investasi antara mahasiswa yang mendapatkan metode edukasi PJBL dan non-PJBL, serta tidak terdapat perbedaan signifikan terkait literasi investasi mahasiswa terhadap keputusan investasi dengan metode edukasi sebagai variabel moderasi.
dc.description.abstractThe growth of capital market investors in Indonesia has continued to increase rapidly in recent years, reflecting the rising public interest in the capital market. Alongside this growth, the majority of investors in Indonesia are students and university learners. Despite the growing enthusiasm for investing, losses due to illegal investments have also been on the rise, indicating that the level of investment literacy in Indonesia remains relatively low. In response, the Management Department of IPB University has integrated the Investment Management course into its curriculum to enhance investment literacy among students. This study aims to assess students’ investment literacy, compare the literacy levels of students exposed to Project-Based Learning (PJBL) and non-PJBL educational methods, and examine the influence of investment literacy on investment decisions, using educational methods as a moderating variable. The research employs a mixedmethod approach, utilizing quantitative approach collected through questionnaires administered to 158 respondents and qualitative approach gathered via in-depth interviews. Data analysis methods include descriptive analysis, the Mann-Whitney U test, and Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS). The findings indicate that IPB University Management students possess a relatively high level of investment literacy. Moreover, there is no significant difference in investment literacy between students taught through PJBL and non-PJBL methods, nor is there a significant moderating effect of educational methods on the relationship between investment literacy and investment decision-making.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Literasi Investasi Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa Program Studi Manajemen Ipb Dengan Metode Edukasi Sebagai Moderasiid
dc.title.alternative
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordkeputusan investasiid
dc.subject.keywordLiterasi Investasiid
dc.subject.keywordmahasiswaid
dc.subject.keywordmetode edukasiid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record