Show simple item record

dc.contributor.advisorTrisyulianti, Erlin
dc.contributor.authorTangdilallo, Aresth Cariv Kila
dc.date.accessioned2025-08-15T15:53:43Z
dc.date.available2025-08-15T15:53:43Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/169547
dc.description.abstractPerusahaan menghadapi tantangan dalam menerapkan pelatihan keberlanjutan secara merata dan efektif. Salah satu upaya yang diterapkan adalah Learning Knowledge Management (LKM) sebagai bagian dari Green Human Resource Management (GHRM) untuk mendukung pelaksanaan Green Training (GT). Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi LKM yang dapat meningkatkan efektivitas proses Knowledge Management (KM) dan memperkuat pelatihan keberlanjutan. Penelitian dilaksanakan di PT PGN pada Divisi LKM. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif melalui metode AHP dan Delphi untuk menganalisis persepsi pakar dan menentukan prioritas strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi pengetahuan merupakan faktor utama. Aktor kunci adalah Divisi LKM, sedangkan tujuan prioritas adalah pemerataan akses pelatihan. Strategi utama yang direkomendasikan adalah pengembangan repository digital dan sistem monitoring-evaluasi. Strategi LKM berperan penting dalam mendukung dan mengoptimalkan proses KM sekaligus memperkuat GT.
dc.description.abstractThe company faces challenges in implementing sustainability training evenly and effectively. One of the initiatives implemented is Learning Knowledge Management (LKM) as part of Green Human Resource Management (GHRM) to support the implementation of Green Training (GT). This study aims to formulate LKM strategies that can enhance the effectiveness of the Knowledge Management (KM) process and strengthen sustainability training. The research was conducted at PT PGN in the LKM Division. A quantitative approach was used, employing the AHP and Delphi methods to analyze expert perceptions and determine strategic priorities. The results indicate that knowledge distribution is the main factor. The key actor is the LKM Division, while the priority objective is equal access to training. The main recommended strategy is the development of a digital repository and a monitoring-evaluation system. LKM strategies play an important role in supporting and optimizing the KM process while strengthening GT.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Learning Knowledge Management dalam Mendukung Green Training di Perusahaan Gas Negaraid
dc.title.alternative
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordgreen trainingid
dc.subject.keywordlearning knowledge managementid
dc.subject.keywordstrategi learning knowledge managementid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record