STRATEGI PENINGKATAN ENGAGEMENT MELALUI CONTENT PLANNING: STUDI KASUS PADA INSTAGRAM MELOOKAL
Date
2025Author
Tarish, Hadhira Aulia
Nazli, Rizal Sjarief Sjaiful
Indrawan, Raden Dikky
Metadata
Show full item recordAbstract
Melookal merupakan brand fashion lokal dengan engagement rate (ER) Instagram yang rendah, hanya 0,44% meskipun memiliki lebih dari 800 pengikut. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh faktor-faktor content planning, seperti jenis konten (content pillar), waktu posting, penggunaan hashtag, dan format konten terhadap ER akun Instagram Melookal. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis non-parametrik melalui uji Kruskal-Wallis, MannWhitney U, dan tabulasi silang terhadap 110 unggahan periode Juli 2023–Mei 2025. Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan ER berdasarkan content pillar, waktu posting, jenis hashtag, maupun format konten. Namun, tabulasi silang menunjukkan kecenderungan perbedaan ER pada konten video dan penggunaan hashtag niche. Berdasarkan temuan ini, strategi content planning yang direkomendasikan meliputi peningkatan variasi konten video, optimalisasi penggunaan hashtag niche, serta konsistensi visual dan penguatan nilai brand. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi praktis bagi brand fashion lokal dalam merancang strategi digital marketing berbasis data untuk meningkatkan keterlibatan audiens di media sosial.
Collections
- UT - Business [597]
