Show simple item record

dc.contributor.advisorAsnawi, Yudha Heryawan
dc.contributor.advisorTaryana, Asep
dc.contributor.authorMUKTI, DICKY ANDIKA
dc.date.accessioned2025-08-13T12:12:09Z
dc.date.available2025-08-13T12:12:09Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/169029
dc.description.abstractPasar parfum di Indonesia masih didominasi produk terjangkau. Melihat peluang ini, banyak UMKM merintis bisnis parfum, termasuk Méleukat. Observasi awal menunjukkan bahwa customer Méleukat kerap ragu membeli karena terbatasnya pilihan ukuran dan minimnya kesempatan mencoba aroma sebelum membeli, terutama untuk memastikan kecocokan dengan preferensi pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi produk parfum dalam ukuran kecil yang memungkinkan customer untuk mencoba varian aroma dalam ukuran yang lebih terjangkau dan praktis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah design thinking. Hasil dari penelitian ini adalah Méleukat dapat menghadirkan dua jenis produk baru, yaitu travel size berukuran 10 ml dengan botol twister dan fitur pump refill, serta discovery set berisi empat varian parfum Méleukat dalam botol ukuran 5 ml. Kedua opsi ini dirancang untuk menjawab kebutuhan customer akan kepraktisan dan kemudahan dalam mengeksplorasi aroma. Dari hasil preferensi customer, solusi berupa travel size 10 ml dengan botol twister dan fitur pump refill menjadi pilihan yang paling disukai oleh mayoritas customer Méleukat.
dc.description.abstractThe perfume market in Indonesia is still dominated by affordable products, Seeing this opportunity, many SMEs have started venturing into the perfume business, including Méleukat. Initial observations show that Méleukat's customers are often hesitant to purchase due to limited size options and a lack of opportunities to try the scents beforehand, especially to ensure compatibility with personal preferences. This study aims to develop product innovations in the form of smaller size that allow customers to try different fragrance variants more affordable and in practical sizes. The method used in this research is design thinking. Méleukat can introduce two new product types: a 10 ml travel size bottle with a twister cap and pump refill feature, and a discovery set containing four Méleukat perfume variants in 5 ml bottles. Both options are designed to meet customer needs for practicality and ease in exploring fragrances. Based on customer preferences, the 10 ml travel-size bottle with a twister cap and pump refill feature emerged as the most favored solution among Méleukat’s customers.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleInovasi Pengembangan Produk Parfum Dengan Pendekatan Design Thinking Pada Brand Méleukatid
dc.title.alternativeInnovation in Perfume Product Development with a Design Thinking Approach for the Méleukat Brand
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordDesign Thinkingid
dc.subject.keywordDiscovery setid
dc.subject.keywordPerfumeid
dc.subject.keywordTravel sizeid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record