Strategi Pengembangan Program Pembinaan UMKM Berbasis Komunitas untuk Meningkatkan Market Growth (Studi Kasus WEGE Lapak)
Abstract
Pertumbuhan ekonomi merupakan indikator utama dalam menilai kemajuan suatu negara. Di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor penting karena perannya dalam PDB dan penciptaan lapangan kerja. PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk memiliki program CSR unggulan bernama WEGE Lapak, sebuah komunitas yang dibentuk untuk mendukung UMKM di sekitarnya. Namun, strategi yang dijalankan dalam program ini dinilai belum optimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis kondisi lingkungan WEGE Lapak serta merumuskan strategi prioritas untuk mendorong market growth. Metode yang digunakan mencakup analisis IFE dan EFE untuk menilai kondisi internal dan eksternal, analisis SWOT untuk merumuskan alternatif strategi, serta QSPM untuk menentukan prioritas strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi WEGE Lapak yang tepat adalah grow and build dengan tiga prioritas strategi, yaitu mengikuti memaksimalkan e-commerce dan teknologi digital untuk ekspansi pasar, mengintegrasikan program pemerintah dengan instansi lainnya untuk pengembangan program, serta bersinergi dengan komunitas lain untuk mengembangkan pasar baru. Economic growth is the main indicator in assessing the progress of a country. In Indonesia, Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) have become one of the important sectors due to their role in GDP and job creation. PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk has an outstanding CSR program called WEGE Lapak, a community formed to support the surrounding MSMEs. However, the strategies implemented in this program are considered not optimal. This research aims to analyze the environmental conditions of WEGE Lapak and formulate priority strategies to drive market growth. The methods used include IFE and EFE analysis to assess internal and external conditions, SWOT analysis to formulate alternative strategies, and QSPM to determine strategy priorities. The research results indicate that the appropriate strategy for WEGE Lapak is grow and build with three strategic priorities. Maximizing e-commerce and digital technology for market expansion, integrating government programs with other agencies for program development, and collaborating with other communities to develop new markets.
Collections
- UT - Business [597]
