Strategi Cikwo Resto dalam Mengelola Dinamika Bisnis Keluarga
Date
2025Author
Seruni, Ainiyya Hana Pathi
Suhendi
Anggraini, Raden Isma
Metadata
Show full item recordAbstract
Cikwo Resto merupakan bisnis keluarga yang selama delapan tahun tidak memiliki garis batas yang jelas antara keluarga, kepemilikan, dan bisnis yang memicu terjadinya dinamika dalam bisnis keluarga. Penelitian ini bertujuan menganalisis dinamika bisnis keluarga berdasarkan kajian literatur, kondisi existing, akar masalah yang terjadi, serta merumuskan strategi efektif bagi Cikwo Resto. Data dikumpulkan melalui studi literatur, observasi, dan indepth interview dengan lima responden yang terlibat langsung dalam dinamika bisnis keluarga. Data kemudian diolah dan dianalisis menggunakan software VOSViewer versi 1.6.20, Root Cause Analysis, dan eckenrode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika bisnis keluarga Cikwo Resto sejalan dengan kajian literatur di antaranya terkait interaksi lintas generasi, overlapping antara business, family, dan ownership, kompleksitas proses suksesi, dan muakhi sebagai budaya keluarga. Akar masalah utama yang ditemukan adalah efek negatif budaya muakhi, mindset profit bukan sebagai visi utama, serta kompleksitas permasalahan keluarga, bisnis, dan adat. Oleh karena itu, Cikwo Resto disarankan untuk menyusun sistem penilaian kinerja, melakukan komunikasi asertif, mengoptimalkan teknologi digital, dan berkonsultasi dengan tetua adat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.
Collections
- UT - Business [597]
