Pengaruh Media Sosial dan Influencer Terhadap Niat Penggunaan Layanan SeaBank Oleh Generasi Z di DKI Jakarta
Date
2025Author
Arista, Ameera Danish
Asikin, Zenal
Sari, Anggi Mayang
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan teknologi informasi telah menjadi pilar utama dalam memenuhi kebutuhan masyarakat modern, terutama dalam konteks sosial dan ekonomi. Generasi Z, sebagai generasi yang lahir di era digital (digital natives), menghabiskan banyak waktu di media sosial, menjadikan platform ini sebagai sarana yang efektif untuk menyampaikan pesan pemasaran melalui influencer. Dengan pengaruh yang kuat dari media social dan influencer, diharapkan bahwa Gen Z akan lebih termotivasi untuk mencoba dan menggunakan layanan perbankan digital seperti SeaBank. Penelitian ini dilakukan di wilayah DKI Jakarta. Sampel yang diteliti adalah Generazi Z berusia 17-28 tahun berdomisili di DKI jakarta dan memakai aplikasi SeaBank minimal 1 kali dalam satu tahun terakhir, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Metode analisis yang dilakukan adalah analisis deskriptif dan analisis SEM-PLS dengan aplikasi Smart PLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan dari media sosial terhadap niat penggunaan, sedangkan influencer terhadap niat penggunaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan.
Kata Kunci: Bank Digital, The development of information technology has become a major pillar in meeting the needs of modern society, especially in social and economic contexts. Generation Z, as a generation born in the digital era (digital natives), spends a lot of time on social media, making this platform an effective means of conveying marketing messages through influencers. With the strong influence of social media and influencers, it is expected that Gen Z will be more motivated to try and use digital banking services such as SeaBank. This study was conducted in the DKI Jakarta area. The sample studied was Generation Z aged 17-28 years domiciled in DKI Jakarta and used the SeaBank application at least once in the past year, with a total of 100 respondents selected using convenience sampling techniques. The analysis method used is descriptive analysis and SEM-PLS analysis with the Smart PLS 4 application. The results of the study indicate that there is a positive and significant influence of social media on intention to use, while influencers on intention to use have a positive but insignificant effect.
Collections
- UT - Business [597]
