Strategi Link and Match dalam Meningkatkan Penyerapan Tenaga Kerja Lulusan SMK
Date
2024Author
Adiningsih, Paresty
Retnaningsih
Widhiani, Anita Primaswari
Metadata
Show full item recordAbstract
SMK Putra Bangsa merupakan sekolah kejuruan swasta yang berdiri sejak 1991
dengan Jurusan Akuntansi, Asistensi Keperawatan, serta Teknik Komputer dan
Jaringan. Permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya keterserapan lulusan
akibat ketidakcocokan keahlian dengan kebutuhan industri. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis kesesuaian persepsi kurikulum antara SMK Putra Bangsa dengan
pihak alumni dan industri serta menganalisis pengaruh kurikulum dan strategi link and
match terhadap penyerapan tenaga kerja. Metode yang digunakan adalah mix method
dengan analisis deskriptif, uji beda Mann-Whitney dan regresi linear berganda. Tidak
terdapat perbedaan persepsi antara sekolah, alumni, dan industri terkait efektivitas
kurikulum, jenis kompetensi dan kesesuaian kompetensi, persiapan PKL. Analisis
deskriptif menunjukkan bahwa persepsi pihak sekolah, alumni dan industri didominasi
rentang skala sedang. Semakin tinggi persepsi efektivitas kurikulum, kesesuaian
kompetensi, jenis kompetensi, dan persiapan PKL maka semakin tinggi penyerapan
tenaga kerja. Pengembangan kurikulum dapat dilakukan dengan meningkatkan
fleksibilitas melalui komite khusus, mengoptimalkan strategi link and match dengan
On the Job Training (OJT), meningkatkan infrastruktur, dan menyelaraskan
kompetensi melalui pelatihan serta workshop sesuai kebutuhan industri.
Collections
- UT - Business [597]
