Show simple item record

dc.contributor.advisorSuroso, Arif Imam
dc.contributor.advisorNuraisyah, Ani
dc.contributor.authorFebrian, Piter
dc.date.accessioned2024-08-15T14:12:46Z
dc.date.available2024-08-15T14:12:46Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/157532
dc.description.abstractPT Ijo Inovasi Indonesia adalah start-up yang menawarkan biodegradable tableware. Perusahaan telah memasarkannya di pasar domestik, namun penjualan belum mencapai hasil yang positif. Di sisi lain, banyak negara di dunia sedang berusaha mencari produk-produk pengganti plastik untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di negara mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan dan menentukan urutan prioritas dari alternatif strategi pemasaran untuk diterapkan perusahaan sebagai langkah menuju pasar internasional. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan tiga tahap formulasi strategi yang terdiri dari IFE dan EFE Matrix, IE Matrix dan SWOT Matrix, serta QSP Matrix. Penelitian mengidentifikasi faktor internal perusahaan dengan kekuatan utama memiliki intellectual property dan kelemahan utama pemasaran belum dimaksimalkan. Penelitian juga mengidentifikasi faktor eksternal perusahaan dengan peluang utama regulasi global yang melarang penggunaan plastik sekali pakai dan ancaman utama pemasaran dan brand pesaing jauh lebih unggul. Penelitian menghasilkan delapan alternatif strategi pemasaran dengan prioritas untuk diterapkan adalah ekspansi pasar internasional melalui kerja sama dengan distributor dan retail global.
dc.description.abstractPT Ijo Inovasi Indonesia is a startup offering innovative biodegradable tableware products. Despite efforts to market these products domestically, sales have yet to achieve positive results. In contrast, many countries worldwide are actively seeking plastic alternatives to address their plastic waste issues. This study aims to formulate and prioritize alternative marketing strategies for the company as an initial step towards entering the international market. The analysis includes descriptive analysis and a three-stage strategy formulation process: IFE and EFE Matrix, IE Matrix and SWOT Matrix, and QSP Matrix. The research identifies the company's internal factors, with the main strength being the possession of intellectual property, and the main weakness being the underutilization of marketing. The research also identifies external factors, with the main opportunity being global regulations banning single-use plastics, and the main threat being that competitors' marketing and branding are far more advanced. The research yields eight alternative marketing strategies, with the top priority being expanding into international markets by partnering with global distributors and retailers.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Pemasaran Produk Biodegradable Tableware pada PT Ijo Inovasi Indonesia Menuju Pasar Internasionalid
dc.title.alternativeMarketing Strategy for Biodegradable Tableware Products at PT Ijo Inovasi Indonesia Towards the International Market
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordberkelanjutanid
dc.subject.keywordbioplastikid
dc.subject.keywordformulasi strategiid
dc.subject.keywordpemasaran internasionalid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record