Analisis Pengaruh E-Wom, Digital Literacy, dan Persepsi Kemudahan terhadap Intention to Use Bank Digital Pada Era 4.0
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan termasuk sektor perbankan. Perkembangan ini telah mendorong lahirnya bank digital, sebuah inovasi yang menawarkan berbagai kemudahan dan efisiensi dalam layanan perbankan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik pengguna bank digital, serta menganalisis pengaruh e-wom, digital literacy, dan persepsi kemudahan terhadap intention to use bank digital di Era 4.0. Penelitian ini dilakukan di wilayah Jabodetabek. Sampel yang diteliti adalah nasabah bank digital di Jabodetabek yang pernah menggunakan layanan dalam enam bulan terakhir, dan berusia antara 17 hingga 59 tahun, dengan jumlah responden sebanyak 109 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SEM-PLS dengan aplikasi Smart PLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan dari electronic word of mouth, digital literacy, persepsi kemudahan, baik secara parsial dan secara simultan terhadap intention to use bank digital.
Collections
- UT - Management [3388]