View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agricultural Technology
      • UT - Agroindustrial Technology
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agricultural Technology
      • UT - Agroindustrial Technology
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Mempelajari peluang pengembangan pangsa pasar untuk menunjang strategi pemasaran minyak goreng kemasan eceran di Bogor

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (11.88Mb)
      Date
      1990
      Author
      Harinugraha, Kukuh P.
      Fewidarto, Pramono D.
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Besarnya pangsa pasar yang dimiliki oleh suatu produk mencerminkan kedudukan produk tersebut di dalam pasarnya. Semakin besar pangsa pasarnya, maka akan semakin unggul kedudukannya. Pengembangan pangsa pasar ini sangat penting artinya dalam memperbesar laba perusahaan, yang berguna untuk memperluas kegiatan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif, sebagian besar datanya diperoleh melalui pengumpulan pendapat responden. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan berencana, dan keluarannya berupa rekomendasi untuk menunjang perencanaan strategi pemasaran. Metoda analisis yang digunakan adalah Model rantai Markov, Penskalaan Dimensi Ganda (MDS), dan Komparasi Berpasangan. Pendugaan pangsa pasar menggunakan model Rantai Markov menunjukkan bahwa pangsa pasar minyak goreng Barco dan Bimoli akan mempunyai kecenderungan menurun sampai pada kondisi mantap 37.46 dan 34.84 persen. Sebaliknya, Vetco, Delisis, dan merek lain (Soya Oil, Tropicana Slim, Mazola) cenderung meningkat sampai pada kondisi mantap 11.18, 6.34, dan 10.16 persen. Kondisi mantap dicapai pada periode 29, dengan periode pengamatan satu bulan. Prioritas keputusan yang dipertimbangkan pelanggan dalam menentukan merek minyak goreng yang digunakan menunjuk- kan urutan (1) harga, (2) mutu produk, (3) ketersediaan, (4) promosi. Pemetaan tujuh merek dalam ruang berdimensi dua, diperoleh empat kelompok merek, yaitu (1) Barco dan Vetco, (2) Bimoli dan Delisis, (3) Soya Oil dan Mazola, (4) Slim. Tropicana Strategi yang dapat dikembangkan untuk memperbesar pangsa pasar Bimoli adalah (1) strategi harga, (2) strategi penyempurnaan produk, (3) strategi promosi dan periklanan yang intensif, dan (4) strategi pengembangan pasar.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/147720
      Collections
      • UT - Agroindustrial Technology [4355]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository