Show simple item record

dc.contributor.advisorHubeis, Musa
dc.contributor.advisorKadarisman
dc.contributor.authorWidirga, Jessy Suryadjaja
dc.date.accessioned2024-03-21T07:49:35Z
dc.date.available2024-03-21T07:49:35Z
dc.date.issued1994
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/142853
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mempelajari profil industri sirup yang erat kaitannya dengan aspek teknis-teknologis, manajemen dan strategis. Berdasarkan profil tersebut dapat diklasifikasikan perusahaan sirup besar dengan ciri utama memiliki nilai investasi yang besar, jumlah tenaga kerja yang banyak dan pasar produk yang luas, dan perusahaan kecil dengan ciri utama memiliki nilai investasi yang kecil, jumlah tenaga kerja yang terserap kecil dan pasar produk yang sempit. Ciri lainnya sulit dibedakan, misalnya faktor mutu yang erat kaitannya dengan harga jual di tingkat konsumen. Pada penelitian ini diamati 6 perusahaan sirup yang dipilih secara sampling purposif ('Suba Indah', 'Nutrifood', 'Sarang Sari', 'Buana Sari', 'Salamis Masatama' dan 'Wisnu') dalam skala ekonomi yang beragam (kecil-besar) dan lokasi yang berbeda (Jakarta dan Bogor). Pada penelitian, pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui teknik wawancara dengan bantuan angket (kuesioner) setengah terstruktur, pengamatan langsung dan studi pustaka. Analisa data dan informasi mencakup analisa deskriptif (informasi umum, teknis dan bisnis), kuantitatif (teknik peramalan) dan strategi (analisa SWOT). Beberapa informasi yang dirinci dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif, yaitu informasi umum, teknis dan bisnis. Informasi umum dibedakan atas deskripsi perusahaan dan organisasi perusahaan (pola kekeluargaan, fungsional dan divisional). Deskripsi perusahaan dikelompokkan atas kepemilikan (perusahaan perseroan dan perusahaan keluarga/perseorangan), jumlah tenaga kerja (4- 696 orang), jam kerja (68 jam/hari), luas perusahaan (11524.000 m²), investasi (Rp. 12,5 juta Rp. 2,15 milyar), biaya produksi (Rp. 500 Rp. 1.800,-) dan lama usaha (259 tahun). Informasi teknis tentang perusahaan sirup dapat dirinci atas bahan baku (air 46,45%, flavor 1,61%, pewarna 0,05%), kapasitas alat (280 -8.800 liter/hari), jenis produksi (4- 17 jenis), volume produksi (28.125 2.557.500 liter/tahun) dan harga jual (Rp. 1.000 Rp. 3.200,-). Informasi bisnis dapat dirinci atas pemasaran (langsung dan tidak langsung), promosi (ada dan tidak ada), merek (beragam), mutu (rendah tinggi), persaingan (bebas), sasaran (lokal, nasional dan ekspor) dan perluasan usaha (modernisasi produksi, kerjasama sebagai pemasok, dan diversifikasi mutu dan merk sirup). ...id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleMempelajari profil industri sirup : kasus enam perusahaan sirup di Kabupaten Bogor dan Jakartaid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record