dc.contributor.advisor | Palupiningrum, Agustina Widi | |
dc.contributor.author | Harahap, M Rangga Doly | |
dc.date.accessioned | 2024-03-17T23:31:55Z | |
dc.date.available | 2024-03-17T23:31:55Z | |
dc.date.issued | 2024-03 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/141992 | |
dc.description.abstract | Permasalahan utama yang terjadi pada Warung MJ adalah adanya penurunan
pendapatan akibat pandemi Covid-19 dan persaingan bisnis yang semakin ketat
akibat banyaknya UMKM baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
permasalahan dan merancang strategi pemasaran Warung MJ didasarkan pada
aspek marketing mix 4C. Penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai November
2023 menggunakan framework design thinking. Data diambil menggunakan
metode kuisioner yang terdiri dari data deskriptif dan data terkait aspek marketing
mix 4C terhadap customer existing Warung MJ sejumlah 17 orang. Berdasarkan
analisis yang dilakukan, permasalahan dominan yang ada pada Warung MJ adalah
pemanfaatan media sosial; lokasi yang kurang ideal; fasilitas kurang sesuai
harapan; rasa kurang sesuai harapan; dan higienitas masih di bawah standar. Solusi
yang disusun untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah pemanfaatan media
sosial baik untuk pemasaran digital, komunikasi, dan update informasi; membuat
SOP memasak dan bumbu dasar; membersihkan tempat usaha lebih sering dan
menyediakan tisu lebih banyak; mengoptimalkan aplikasi online food delivery dan
menyediakan paket bundling; serta penambahan fasilitas kipas angin dan
penggantian beberapa alat makan. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.title | Perumusan Strategi Pemasaran Warung Misop Jabars | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | design thinking | id |
dc.subject.keyword | marketing mix 4C | id |
dc.subject.keyword | penurunan pendapatan | id |
dc.subject.keyword | Warung MJ | id |