Show simple item record

dc.contributor.advisorKhomsan, Ali
dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.authorArdiansyah, Yudi
dc.date.accessioned2024-02-27T07:13:35Z
dc.date.available2024-02-27T07:13:35Z
dc.date.issued2001
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/140174
dc.description.abstractSecara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi iklan pangan melalui media TV terhadap perilaku jajan anak. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Polisi IV, Kotamadya Bogor, Jawa Barat, pada bulan Januari April 2001. Contoh penelitian adalah anak SD kelas 4 dan kelas 5. Karena kelas yang diteliti adalah kelas paralel maka dipilih satu kelas pada masing-masing kelas secara acak. Setelah dilakukan pengacakan pada masing-masing kelas, erkumpul responden sebanyak 77 orang, yang meliputi 39 orang dari kelas 4a, dan 38 orang dari kelas 5a. Analisis data menggunakan program komputer Mikrosoft Excel for Windows dan SPSS for Window ver. 10.1 Sebagian besar responden mempunyai tingkat interaksi dengan teman dalam kategori sedang (39%) dan kategori tinggi (35%). Sikap responden terhadap iklan paling banyak berada pada kategori netral (54,8%). Sebanyak 98,7% responden menyatakan telah mengenal /melihat iklan iklan pangan yang ditayangkan di TV. Tingkat kesukaan responden terhadap iklan iklan pangan yang ditayangkan di TV sebagian besar berada pada kategori sedang (57,1%). Lima iklan produk pangan yang paling disukai responden yaitu Silverqueen, Coco Krunch, Paddle Pop, Mc. Donald dan Conello. Tingkat frekuensi konsumsi responden terhadap produk pangan, sebagian besar termasuk dalam kategori jarang (39,0%). Sebagian besar responden mempunyai tingkat pengenalan terhadap iklan yang ditayangkan di TV dengan kategori baik, meskipun mereka termasuk yang mengalokasikan waktu untuk menonton TV dengan kategori rendah, sedang dan tinggi. Hal ini juga didukung oleh uji statistik yaitu tidak adanya hubungan yang nyata (p > 0,05) antara lamanya anak mengalokasikan waktu untuk menonton TV dengan tingkat pengenalan terhadap iklan. Hubungan lama menonton TV dengan kesukaan terhadap iklan pangan. menunjukkan sebagian besar responden (39,0%) dengan lama menonton TV kategori rendah dan tingkat kesukaan terhadap terhadap iklan sedang Ada 1 (1,3%) responden dengan lama menonton TV termasuk ke dalam kategori tinggi namun mempunyai tingkat kesukaan terhadap iklan yang rendah. Berdasarkan uji statistik korelasi Spearman ditemukan adanya hubungan (p<0,05) antara durasi waktu untuk menonton TV dengan tingkat kesukaan terhadap iklan. Lama responden menonton TV dikaitkan dengan sikap anak terhadap iklan pangan menunjukkan bahwa menonton TV dengan kategori rendah (<3 jam) per hari responden paling banyak mempunyai kategori sikap yang netral terhadap iklan pangan, demikian juga untuk kategori sedang (3-5 jam) per hari dan tinggi (>5 am) per hari. Berdasarkan uji statistik Spearman tidak ada hubungan yang nyata (p>0,005) antara lamanya menonton TV dengan sikap anak terhadap iklan pangan. Jika frekuensi jajan anak dikaitkan dengan durasi anak menonton TV dalam sehari dapat dapat diketahui bahwa sebagian besar responden mempunyai tingkat frekuensi jajan yang sering, baik pada kelompok yang mengalokasikan waktu untuk menonton TV dalam kategori rendah, sedang maupun tinggi. Uji korelasi Spearman menunjukkan tidak adanya hubungan (p>0,05) antara waktu yang digunakan untuk menonton TV dengan frekuensi jajan. Kesukaan terhadap iklan paling banyak pada kategori sedang untuk responden yang termasuk pada frekuensi jajan jarang, sedang maupun sering. Hubungan antara besar uang saku responden tiap hari dengan frekuensi jajan anak memperlihatkan semakin tinggi besar uang jajan, semakin sering frekuensi jajan. Uji korelasi Spearman menunjukkan tidak adanya hubungan (p > 0,05) antara besar uang jajan dengan frekuensi jajanid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleHubungan komunikasi iklan pangan melalui media TV dengan perilaku jajan anak di SDN polisi IV kotamadya Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record