Show simple item record

dc.contributor.advisorYuliati, Lilik Noor
dc.contributor.authorTias, Sekaring
dc.date.accessioned2024-01-29T01:01:19Z
dc.date.available2024-01-29T01:01:19Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136414
dc.description.abstractPerilaku pembelian konsumen terhadap suatu produk dipengaruhi oleh karakteristik produk, faktor lingkungan dan faktor individu dari konsumen itu sendiri Ketika konsumen dihadapkan pada keragaman dari produk yang akan dikonsumsinya, maka faktor individu memainkan peran yang amat penting dalam pemilihan produk. Selain itu pengaruh lingkungan juga turut dipertimbangkan oleh konsumen, konsumen juga dituntut untuk mencari dan memperoleh informasi sebanyak mungkin mengenai produk yang akan dibelinya tersebut dari berbagai sumber. Adapun anak yang dalam keluarga dapat memberikan pengaruh juga akan menentukan jenis produk susu yang akan dipilih dan dibeli oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan secara cross sectional di Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Pemilihan lokasi ditentukan secara purposive. Penelitian dilakukan dari bulan Mei hingga Agustus 2005. Contoh dalam penelitian ini adalah pengambil keputusan pembelian produk susu untuk anak dalam keluarga. Penelitian dilakukan pada 67 orang contoh. Hubungan antara faktor individu: tingkat pendidikan, total pendapatan keluarga, tingkat pengetahuan dan sikap terhadap kualitas produk susu dengan jenis susu yang digunakan untuk anak saat wawancara dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Spearman. Sedangkan hubungan antara faktor individu: motivasi dan pengalaman penggunaan produk susu dengan jenis susu yang digunakan untuk anak saat wawancara dianalisis dengan menggunakan uji chi- square. Hubungan antara variabel sumber informasi yang dianggap paling menarik dan sumber informasi yang dipercaya dengan jenis susu yang digunakan untuk anak saat wawancara dianalisis dengan menggunakan uji chi-square. Uji chi- square juga digunakan untuk menganalisis hubungan antara usia anak dengan jenis susu yang digunakan untuk anak saat wawancara. Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang nyta (p>0.05) antara tingkat pendidikan. total pendapatan keluarga, tingkat pengetahuan dan sikap contoh terhadap kualitas produk susu dengan jenis susu yang digunakan untuk anak saat wawancara. Hasil uji chi-square menunjukkan tidak ada hubungan (p>0.05) antara variabel motivasi dengan jenis susu yang digunakan untuk anak saat wawancara. Sementara itu, hasil uji chi-square menunjukkan ada hubungan (p>0.05) antara jenis susu yang pernah digunakan untuk anak sebelumnya dengan jenis susu yang digunakan untuk anak saat wawancara. Hasil uji chi-square menunjukkan tidak ada hubungan (p>0.05) antara variabel sumber informasi yang dianggap paling menarik dan yang dipercaya dengan jenis susu yang digunakan untuk anak saat wawancara. Namun hasil uji chi-square menunjukkan ada hubungan (p<0.01) antara usia anak dengan jenis susu yang digunakan untuk anak saat wawancara.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcPembelian produk susuid
dc.titleHubungan faktor individu dan lingkungan dengan perilaku pembelian produk susu untuk anak usia balitaid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record