Proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli produk pelangsing : studi kasus pada wanita di DKI Jakarta
View/ Open
Date
1994Author
Amri, Ihsan Ul
Pranadji, Diah K.
Martianto, Drajat
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mempelajari proses pengambilan keputusan dalam membeli produk pelangsing; mengetahui media komunikasi, konsep diri dan motivasi yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan; mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan gizi dengan tahap penilaian alternatif; dan mengetahui preferensi konsumen terhadap produk pelangsing pada wanita kawin dan tidak kawin. Penelitian dilakukan di DKI Jakarta dari bulan Desember 1993 sampai Januari 1994. Responden berjumlah 39 orang yang terdiri dari 20 orang wanita tidak/belum kawin dan 19 orang wanita yang sudah kawin. Data yang dikumpulkan merupakan data primer, meliputi: identitas responden (umur, berat badan, tinggi badan, pekerjaan, pendidikan, dan pendapatan), pendapatan suami; proses pengambilan keputusan; motivasi, konsep diri, pengalaman, pengetahuan gizi, dan preferensi responden terhadap produk pelangsing. Data dikumpulkan dengan tehnik kuisioner melalui surat (mail questioneres).
Data diolah dengan tehnik tabulasi silang dan distribusi frekuensi (Singarimbun & Effendi, 1989), kecuali data konsep diri diolah dengan tehnik semantic differential (Loudon & Dellabitta, 1984). Data konsep diri dianalisa secara deskriptif dan analisa profil, sedang data lain hanya secara deskriptif.
Berdasarkan pendapatan, pendidikan dan tempat pembelian responden tergolong masyarakat kelas menengah ke atas. Secara umum proses pembelian produk pelangsing antara wanita yang sudah kawin tidak berbeda dengan wanita yang belum/tidak kawin, kecuali dalam hal konsep diri dan motivasi terdapat penekanan yang sedikit berbeda.
Collections
- UT - Nutrition Science [2920]