Pengaruh pengetahuan, persepsi, dan sikap klaim gizi pada produk susu ibu hamil terhadap keputusan pembelian dan status gizi
View/ Open
Date
2015Author
Damayanti, Rinda
Rimbawan
Simanjuntak, Megawati
Metadata
Show full item recordAbstract
Klaim gizi merupakan salah satu cara untuk mempromosikan produk melalui pembuktian ilmiah mengenai manfaat untuk konsumen apabila mengonsumsi produk tersebut. Klaim gizi yang banyak ditemukan pada produk susu ibu hamil yaitu kandungan asam folat, kalsium dan zat besi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh karakteristik individu, pengetahuan gizi, pengetahuan klaim gizi, persepsi, dan sikap klaim gizi pada produk susu ibu hamil terhadap keputusan pembelian dan status gizi. Desain penelitian ini adalah cross sectional study, pada 60 ibu hamil terdiri dari 30 ibu yang mengonsumsi susu ibu hamil dan 30 ibu yang tidak mengonsumsi susu ibu hamil. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Ciampea Kabupaten Bogor dan dipilih secara purposif. Analisis yang digunakan adalah Mann Whitney dan regresi logistik. Lama pendidikan, pendapatan keluarga, pendapatan per kapita dan pengetahuan gizi pada ibu yang mengonsumsi susu lebih baik daripada ibu yang tidak mengonsumsi susu ibu hamil. Keputusan pembelian susu ibu hamil akan meningkat 3.99 kali ketika pendidikan ibu lebih dari 9 tahun, meningkat 4.18 kali ketika pendapatan keluarga lebih dari Rp 1 500 000 per bulan, dan 3.69 kali ketika indeks persepsi lebih dari 65. Status gizi pada ibu yang mengonsumsi susu tidak berbeda secara nyata dengan ibu yang tidak mengonsumsi susu ibu.
Collections
- UT - Nutrition Science [2990]