View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisa perilaku konsumen muslim terhadap produk pangan halal di kota Bogo

      Thumbnail
      View/Open
      Fultext (3.341Mb)
      Date
      2007
      Author
      Komalasari, Nyimas Ema
      Syaukat, Yusman
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa tingkat pengetahuan dan kepedulian masyarakat muslim Bogor dalam memilih dan mengkonsumsi makanan dan minuman halal. Menganalisa tingkat kepercayaan masyarakat muslim terhadap label halal yang tercantum dalam bungkus produk pangan atau iklan restoran dan menganalisa perilaku konsumsi umat Islam dalam memilih produk pangan halal. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer diperoleh dari responden melalui teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dan pengamatan secara langsung di lapangan. Pengambilan sampel berdasarkan agama Islam dan bersedia mengisi kuesioner penelitian. Penelitian ini akan melibatkan 100 responden, yang merupakan hasil dari rumus Slovin. Selanjutnya untuk melihat hubungan antara karakteristik responden dengan perilakunya dalam memilih produk halal, digunakan analisis chi square uji dan Korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasamya sebagian besar umat Islam di kota Bogor umumnya mengetahui prinsip-prinsip dasar, konsep makanan yang halal dan haram, sehingga dapat dikatakan tingkat pengetahuannya sangat baik. Tingkat kepedulian warga kota Bogor terhadap produk pangan halal masih kurang, hal ini dapat dilihat dari kebiasaan responden tetap membeli produk pangan tanpa label halal. Tingkat kepercayaan konsumen terhadap label halal terbilang masih kurang, seharusnya dengan jumlah penduduk yang mayoritas beragama Islam, label halal merupakan atribut kemasan yang informatif, legal dan dapat dipercaya. Disinilah terlihat bahwa ada gap antara keyakinan agama dengan tindakan relita responden. Dalam perilaku konsumsi umat Islam saat memutuskan pemilihan dan pembelian produk pangan, ternyata warga kota Bogor lebih mengutamakan kehalalan dari pada yang lainnya (gizi, enak, murah, besar, merek, dan hadiah).
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130313
      Collections
      • UT - Management [3624]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository