Show simple item record

dc.contributor.advisorKhomsan, Ali
dc.contributor.advisorAmalia, Leily
dc.contributor.authorAdhistiana, Resty
dc.date.accessioned2023-11-01T23:35:17Z
dc.date.available2023-11-01T23:35:17Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129990
dc.description.abstractTujuan umum penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi muatan gizi dalam mata pelajaran serta mengetahui pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi anak sekolah dasar. Tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi muatan gizi dalam mata pelajaran baik secara kualitatif maupun kuantitatif, (2) mengidentifikasi komponen belajar yang menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah bersangkutan, (3) mengetahui pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi anak sekolah dasar, (4) mengetahui tingkat kecukupan energi dan zat gizi serta status gizi anak sekolah dasar, (5) menganalisis hubungan antar pengetahuan gizi, sikap gizi, dan perilaku gizi, (6) menganalisis hubungan antara perilaku gizi dengan tingkat kecukupan energi dan zat gizi, (7) menganalisis hubungan antara tingkat kecukupan gizi dengan status gizi. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar yang berlokasi di wilayah Kota Bogor yaitu SD Negeri Bantarjati 5 Bogor. Pemilihan SD dilakukan secara purposive. Contoh dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas 5. Pengambilan contoh dilakukan secara simple random sampling dari semua kelas paralel dengan jumlah contoh keseluruhan sebanyak 70 orang siswa. Saat pengambilan data juga dilakukan wawancara dengan pelaksana pendidikan yaitu tiga orang guru pengajar mata pelajaran IPA dan satu orang guru Penjaskes. Data yang dikumpulkan terdiri atas data primer dan sekunder. Jenis data primer yang dikumpulkan meliputi karakteristik contoh, karakteristik sosio- ekonomi keluarga, pengetahuan gizi, sikap gizi, dan perilaku gizi contoh, serta komponen belajar. Jenis data sekunder yang dikumpulkan adalah keadaan umum SD contoh dan buku pegangan guru yang diidentifikasi lebih lanjut mengenai muatan gizi dalam mata pelajaran yang bersangkutan. Data selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan statistik dengan menggunakan Microsoft Excel 2007, Anthroplus 2007, dan SPSS versi 16.0 for Windows. Analisis statistik yang dilakukan adalah uji korelasi Pearson dan Rank Spearman. Secara kualitatif, hanya ada satu pokok bahasan yang memuat materi gizi yang terdiri dari dua sub bab. Dari kedua sub bab tersebut, tipe uraian materinya termasuk ke dalam tipe lengkap, sedangkan tipe penyajiannya berupa tipe kalimat dan tipe gambar. Secara kuantitatif, muatan gizi dalam mata pelajaran yang diidentifikasi telah cukup baik, terlihat dari pencapaian materi gizi sebesar 37.8%. Tingkat pendidikan guru dapat dikatakan baik, yaitu sebanyak 75% guru berpendidikan S1 dan memiliki tingkat pengetahuan gizi baik dengan pengalaman mengajar telah lebih dari 5 tahun, namun keikutsertaan dalam seminar/pelatihan tentang gizi masih tergolong kurang. Adapun metode pengajaran yang dilakukan adalah ceramah disertai praktek, dan secara umum buku yang digunakan guru sebagai referensi hanya terbatas pada buku acuan yang disediakan sekolah. Sarana belajar meliputi kelas, perpustakaan, lapangan, kondisi penerangan serta sirkulasi udara dalam kelas sudah cukup baik. ...id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcNutrient Scienceid
dc.subject.ddcNutrient of childrenid
dc.titleStudi tentang identifikasi muatan gizi dalam mata pelajaran serta pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi anak sekolah dasarid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordBogor Agriculture Universityid
dc.subject.keywordIPBid
dc.subject.keywordNutrition materialid
dc.subject.keywordNutrition knowledgeid
dc.subject.keywordAttitudeid
dc.subject.keywordPracticeid
dc.subject.keywordSchool childrenid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record