Perumusan Strategi Pengembangan Unit Bisnis Vertical Garden PT Godong Ijo Asri Sawangan Depok, Jawa Barat
View/ Open
Date
2012Author
Kurnialis, Budi
Basith, Abdul
Indrawan, R. Dikky
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor lingkungan
internal (kekuatan dan kelemahan) yang dimiliki oleh unit bisnis vertical garden
PT Godong Ijo Asri, menganalisis faktor-faktor lingkungan eksternal (peluang
dan ancaman) yang dihadapi oleh unit bisnis vertical garden PT Godong Ijo Asri
dan merumuskan alternatif strategi pemasaran yang tepat dan efektif bagi unit
bisnis vertical garden PT Godong Ijo Asri. Penelitian ini dilakukan di unit bisnis
vertical garden PT Godong Ijo Asri. Data yang diperlukan dalam penelitian terdiri
dari data primer dan data sekunder. Data ini didapat melalui wawancara langsung
dengan pihak manajemen, laporan, data-data penunjang perusahaan dan studi
literature. Metode analisis yang digunakan adalah External Factor Evaluation
(EFE), Internal Factor Evaluation (IFE), IE Matrix, TOWS Matrix dan QSP
Matrix.
Matrik IFE menghasilkan nilai sebesar 2,914 dan matrik EFE
menghasilkan nilai sebesar 2,850. Berdasarkan matrik IE unit bisnis vertical
garden PT Godong Ijo Asri berada pada kuadran V, strategi yang ada pada strategi
tersebut adalah strategi-strategi pertahankan dan pelihara, yaitu strategi penetrasi
pasar dan pengembangan produk. Alternatif strategi yang dihasilkan dari matriks
IE ini disesuaikan pada matriks TOWS ke dalam empat kemungkinan alternatif
strategi. Matriks SWOT diperoleh empat alternatif strategi yang tepat yaitu
strategi S-O, strategi S-T, strategi W-O dan strategi W-T. Berdasarkan analisis
QSPM diperoleh prioritas strategi terbaik yang dapat diterapkan perusahaan
dengan nilai TAS tertinggi (5,548), yaitu strategi penetrasi pasar yaitu
meningkatkan pangsa pasar melalui perluasan pangsa pasar dengan
memperkenalkan produk perusahaan ke area geografis yang lain.
Collections
- UT - Management [3459]