Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Terhadap Word Of Mouth dan Keputusan Pembelian. Studi Kasus: Roti Bogor Permai dan Tan Ek Tjoan di Kota Bogor
Abstract
Roti Bogor Permai dan Tan Ek Tjoan termasuk roti yang telah lama berdiri
selama lebih dari 30 tahun dan berada di pasaran hingga sekarang dengan penerapan
promosi word of mouth kepada pelanggannya. Metode promosi word of mouth yang
diterapkan mampu menyampaikan kualitas roti yang diproduksi secara langsung
kepada pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat promosi
melalui word of mouth dan keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh persepsi
kualitas. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis SEM dengan
bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor
indikator persepsi kualitas keduanya berada pada skala interval yang baik dengan
nilai masing-masing 3.67 dan 3.50. Variabel persepsi kualitas berpengaruh
signifikan terhadap word of mouth dan keputusan pembelian pada roti Bogor
Permai, sedangkan pada roti Tan Ek Tjoan variabel persepsi kualitas tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-statistik
kurang dari 1.96 yaitu 1.375.
Collections
- UT - Management [3377]