Perancangan strategi corporate social responsibility (CSR) bidang pendidikan PT XYZ melalui Balanced Scorecard
Abstract
PT XYZ mempunyai cita-cita menjadi perusahaan asuransi umum No. 1 di
kawasan regional dalam hal perolehan premi laba dan kualitas pelayanan. Tujuan
penelitian ini adalah: (1) Menyusun proses alignment pada program CSR bidang
pendidikan PT XYZ. (2) Merancang peta strategi dari program CSR bidang
pendidikan PT XYZ menggunakan pendekatan BSC. (3) Mengukur pencapaian
kinerja dan inisiatif strategis pada program CSR bidang pendidikan PT XYZ
tahun 2015 berdasarkan pendekatan BSC. Metode pengambilan sampel yaitu
nonprobabability sampling dengan teknik purposive sampling dan probability
sampling dengan teknik sensus. Metode penelitian dan analisis data berbasiskan
BSC menggunakan bantuan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian
mengindikasikan kinerja program CSR PT XYZ sudah baik dengan nilai 89.81%
yang diekspresikan dengan warna hijau. Kinerja ini dapat dipertahankan dan
ditingkatkan dengan menerapkan program berupa inisiatif strategis terutama pada
Indikator Kinerja Utama yang masih belum mencapai kategori sangat baik.
Collections
- UT - Management [3374]