Work Engagement Dosen (Studi Kasus Institut X di Yogyakarta)
Date
2023Author
Atmojo, Mutiara Islammya Roskar Atmojo
Hidayatulloh, Furqon Syarief
Metadata
Show full item recordAbstract
SDGs ke-4 yang berfokus pada pendidikan menjadikan dosen memegang peranan yang
penting dalam menciptakan sumber daya manusia (mahasiswa) yang baik dalam institut X
Yogyakarta. Untuk mendukung hal tersebut dosen perlu memiliki work engagement yang
tinggi karena dapat mempengaruhi kinerja mereka dalam institut. Tujuan penelitian adalah
menganalisis persepsi dosen terhadap work engagement dosen Institut X Yogyakarta.
Metode penentuan sampel yang digunakan untuk menghitung jumlah sampel dengan
populasi sebanyak 106 dosen menggunakan persamaan Slovin. Sampel adalah dosen
institut X di Yogyakarta yang berjumlah 84 responden. Metode penarikan sampel
menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Jenis data yang
digunakan adalah kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini
menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen
Institut X memiliki work engagement yang tinggi yaitu berada pada skor 3,91. Namun
terdapat beberapa indikator lain yang memiliki skor rendah dan perlu dikaji lebih lanjut
untuk dapat meningkatkan skor engagement dan meningkatkan kinerja dosen. SDG 4, which focuses on education, places lecturers in a crucial role in developing quality
human resources (students) at X Institute in Yogyakarta. To support this, lecturers need to
have high work engagement as it can influence their performance within the institute. The
research objective is to analyze lecturers' perceptions of work engagement at X Institute in
Yogyakarta. The method used to determine the sample size, out of a total population of 106
lecturers, was the Slovin equation. The sample consisted of 84 respondents, who are
lecturers at X Institute in Yogyakarta. The sampling method used was probability sampling,
specifically simple random sampling. The data used in this study were quantitative,
collected from primary and secondary sources. This research employed a descriptive
analysis method. The results of the study indicate that lecturers at X Institute have high
work engagement, with a score of 3.91. However, there are several other indicators with
lower scores that require further examination to enhance engagement scores and improve
lecturer performance.
Collections
- UT - Management [3459]