Pengaruh jasa layanan terhadap kepuasan konsumen Smooch Beauty Bar Bogor
Abstract
Perkembangan usaha salon kecantikan meningkat secara pesat, membuat konsumen akan semakin selektif untuk memilih tempat perawatan kecantikan, sehingga salon kecantikan harus memeberikan jasa layanan memuaskan untuk memenuhi kebutuhan, serta keinginan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen Smooch Beauty Bar Bogor, (2) Menganalisis pengaruh jasa layanan terhadap kepuasan konsumen Smooch Beauty Bar Bogor, (3) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen Smooch Beauty Bar Bogor, (4) Menganalisis atribut yang paling berpengaruh dalam membentuk kepuasan konsumen Smooch Beauty Bar Bogor. Teknik pengambilan contoh menggunakan purposive sampling, dengan 86 responden. Data dianalisis secara deskriptif, Analisis Regresi Linear Berganda, Metode Important Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan perhitungan menggunakan CSI, secara keseluruhan konsumen Smooch Beauty Bar Bogor merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Berdasarkan regresi linear berganda, jasa layanan memengaruhi kepuasan konsumen sebesar 45.5% dan peubah yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen yaitu Reliability.
Collections
- UT - Management [3374]