Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan di Restoran Kubang Hayuda Cabang Kota Bogor
Date
2023Author
Ardhyna, Sarah
Retnaningsih, Retnaningsih
Palupiningrum, Agustina Widi
Metadata
Show full item recordAbstract
Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, Restoran Kubang Hayuda mengalami penurunan pendapatan sehingga diperlukan berbagai upaya untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal, eksternal dan merumuskan strategi pemasaran bagi Restoran Kubang Hayuda Cabang Bogor. Analisis yang digunakan adalah analisis tiga tahap formulasi strategi yaitu matriks IFE-EFE, matriks IE, SWOT, dan QSPM. Hasil analisis menunjukkan kekuatan utama perusahaan adalah cita rasa yang khas, pelayanan yang terampil, dan kualitas makanan dengan kelemahan utama adalah cara pembayaran terbatas, kurangnya promosi, dan tampilan kurang menarik. Peluang utama yang dimiliki adalah kepercayaan konsumen dengan ancaman utama harga bahan baku dan perubahan selera konsumen. Matriks IE menunjukkan perusahaan untuk melakukan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan matriks SWOT dihasilkan prioritas strategi yang dapat dilakukan adalah mengikuti event dan exhibition kuliner di Kota Bogor untuk cabang Kota Bogor dan membuat inovasi menu, promo produk serta layanan yang menarik untuk dilakukan manajemen pusat.
Collections
- UT - Business [317]