Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Konsumen untuk Berlangganan Layanan Aplikasi Musik Streaming JOOX
Abstract
Penelitian ini telah menunjukkan pentingnya nilai yang dirasakan
(perceived value) sebagai faktor yang mampu memengaruhi minat berlangganan
(purchase intention) pada layanan teknologi baru yaitu aplikasi musik streaming
JOOX. Hal tersebut dapat berimplikasi pada keberhasilan industri musik online
yang saat ini berkembang dengan pesat. Studi ini didasarkan pada teori Value-based
Adoption Model (VAM) dan beberapa literatur lain yang mengeksplorasi faktorfaktor
yang dapat membentuk perceived value yang pada hubungannya
memengaruhi minat berlangganan pada layanan konten online (musik streaming).
Data yang dikumpulkan berasal dari 100 responden yang merupakan mahasiswa
IPB Dramaga dan model penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least
Square (PLS). Hasilnya menunjukkan bahwa kegunaan yang dirasakan (perceived
usefulness) dan kesenangan yang dirasakan (perceived enjoyment) memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan pada nilai yang dirasakan (perceived value)
yang pada gilirannya secara signifikan memengaruhi minat berlangganan (purchase
intention).
Collections
- UT - Management [3375]