Analisis Model Bisnis PT XYZ Menggunakan Business Model Canvas
Abstract
Business Model Canvas adalah sebuah kerangka kerja digambarkan
melalui Sembilan elemen dasar yang terdiri dari customer segments, value
proposition, channels, customer relationships, revenue streams, key resources,
key activities, key partnerships, dan cost structure. Kesembilan elemen tersebut
menunjukkan logika bagaimana sebuah perusahaan menghasilkan uang. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menganalisis model bisnis PT XYZ serta
membuat desain ulang model bisnis sesuai dengan keadaan internal dan eksternal
perusahaan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan dianalisis dengan
metode kualitatif. Berdasarkan hasil analisis menggunakan analisis SWOT dan
Blue Ocean Strategy, maka desain ulang model bisnis PT XYZ yaitu dengan
mengembangkan sembilan elemen yang ada. Pada customer segments, PT XYZ
menciptakan produk asuransi ritel dan asuransi mikro yang diikuti oleh
peningkatan value propositions, channels, revenue streams, key resources dan key
activities. Kemudian pada customer relationships, PT XYZ meningkatkan
hubungan dengan konsumen dan mitra kerja. Pada key partnerships, PT XYZ
membangun kerjasama dengan OJK terkait penentuan harga premi dan
pengembangan elemen tersebut berdampak pada Cost Structure.
Collections
- UT - Management [3374]