Show simple item record

dc.contributor.advisorSyamsun, Muhammad
dc.contributor.advisorIndrawan, R. Dikky
dc.contributor.authorArca, Rosi
dc.date.accessioned2023-09-19T04:09:27Z
dc.date.available2023-09-19T04:09:27Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124866
dc.description.abstractKetatnya persaingan antar produsen es krim mengharuskan produsen es krim Wall’s Magnum untuk membuat strategi promosi yang baik dalam beriklan. Salah satunya dengan menggunakan bentuk komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran dapat berupa iklan di media televisi. Namun, anggaran iklan yang lebih besar tidak selalu mampu mengubah penjualan menjadi lebih besar pula. Mengingat besarnya biaya iklan yang dikeluarkan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis efektivitas iklan televisi es krim Wall’s Magnum dalam mengkomunikasikan pesan iklannya kepada konsumen berdasarkan karakteristik pengeluaran dan (2) Menganalisis faktor yang mempengaruhi konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian es krim berdasarkan karakteristik pengeluaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur seperti buku, tulisan ilmiah, internet, dan media massa. Penarikan sampel ditentukan dengan teknik convenience sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Diploma Institut Pertanian Bogor yang pernah melihat iklan televisi es krim Wall’s Magnum. Analisis data yang digunakan adalah Consumer Decision Model dan analisis Canonical Correlation dengan bantuan MINITAB 14, SPSS 16.00 for Windows, Ms Excel dan Statistica 8. Berdasarkan hasil analisis Consumer Decision Model diketahui bahwa pesan iklan es krim Wall’s Magnum berpengaruh langsung terhadap variabel-variabel yang diukur pada Consumer Decision Model dari variabel pesan iklan (F) sampai dengan variabel pembelian nyata (P). Pada kelompok konsumen dengan pengeluaran sebesar Rp. 0 hingga Rp. 599.999, pesan iklan es krim Wall’s Magnum efektif sampai dengan variabel pembelian nyata. Sedangkan pada kelompok konsumen dengan pengeluaran sebesar Rp. 600.000 hingga Rp. 2.500.000, pesan iklan es krim Wall’s Magnum akan efektif dalam mempengaruhi kepercayaan konsumen untuk membeli es krim Wall’s Magnum apabila pesan iklannya lebih menonjolkan pada pengenalan merek Magnum. Berdasarkan hasil analisis korelasi kanonik didapatkan faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen pada kelompok konsumen dengan pengeluaran sebesar Rp 0 hingga Rp. 599.999 adalah faktor ukuran kemasan, manfaat mengkonsumsi, pengetahuan atribut, kepribadian dan gaya hidup. Pada kelompok konsumen dengan pengeluaran sebesar Rp. 600.000 hingga Rp. 2.500.000 faktor yang mempengaruhi adalah ukuran kemasan, harga, pengetahuan atribut, dan gaya hidup.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcEconomics and management - Managementid
dc.titleAnalisis Efektivitas Iklan Televisi Es Krim Magnum dan Faktor yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Es Krim Berdasarkan Karakteristik Pengeluaran (Studi Kasus Mahasiswa Program Diploma IPB).id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordPromotion strategyid
dc.subject.keywordConvenience sampling techniqueid
dc.subject.keywordCanonical correlationid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record