View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Efektivitas Iklan Televisi Es Krim Magnum dan Faktor yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Es Krim Berdasarkan Karakteristik Pengeluaran (Studi Kasus Mahasiswa Program Diploma IPB).

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (3.426Mb)
      Date
      2011
      Author
      Arca, Rosi
      Syamsun, Muhammad
      Indrawan, R. Dikky
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Ketatnya persaingan antar produsen es krim mengharuskan produsen es krim Wall’s Magnum untuk membuat strategi promosi yang baik dalam beriklan. Salah satunya dengan menggunakan bentuk komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran dapat berupa iklan di media televisi. Namun, anggaran iklan yang lebih besar tidak selalu mampu mengubah penjualan menjadi lebih besar pula. Mengingat besarnya biaya iklan yang dikeluarkan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis efektivitas iklan televisi es krim Wall’s Magnum dalam mengkomunikasikan pesan iklannya kepada konsumen berdasarkan karakteristik pengeluaran dan (2) Menganalisis faktor yang mempengaruhi konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian es krim berdasarkan karakteristik pengeluaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur seperti buku, tulisan ilmiah, internet, dan media massa. Penarikan sampel ditentukan dengan teknik convenience sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Diploma Institut Pertanian Bogor yang pernah melihat iklan televisi es krim Wall’s Magnum. Analisis data yang digunakan adalah Consumer Decision Model dan analisis Canonical Correlation dengan bantuan MINITAB 14, SPSS 16.00 for Windows, Ms Excel dan Statistica 8. Berdasarkan hasil analisis Consumer Decision Model diketahui bahwa pesan iklan es krim Wall’s Magnum berpengaruh langsung terhadap variabel-variabel yang diukur pada Consumer Decision Model dari variabel pesan iklan (F) sampai dengan variabel pembelian nyata (P). Pada kelompok konsumen dengan pengeluaran sebesar Rp. 0 hingga Rp. 599.999, pesan iklan es krim Wall’s Magnum efektif sampai dengan variabel pembelian nyata. Sedangkan pada kelompok konsumen dengan pengeluaran sebesar Rp. 600.000 hingga Rp. 2.500.000, pesan iklan es krim Wall’s Magnum akan efektif dalam mempengaruhi kepercayaan konsumen untuk membeli es krim Wall’s Magnum apabila pesan iklannya lebih menonjolkan pada pengenalan merek Magnum. Berdasarkan hasil analisis korelasi kanonik didapatkan faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen pada kelompok konsumen dengan pengeluaran sebesar Rp 0 hingga Rp. 599.999 adalah faktor ukuran kemasan, manfaat mengkonsumsi, pengetahuan atribut, kepribadian dan gaya hidup. Pada kelompok konsumen dengan pengeluaran sebesar Rp. 600.000 hingga Rp. 2.500.000 faktor yang mempengaruhi adalah ukuran kemasan, harga, pengetahuan atribut, dan gaya hidup.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124866
      Collections
      • UT - Management [3624]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository