Analisis Pengetahuan dan Loyalitas Konsumen pada Pengguna Paylater di Jabodetabek
Abstract
Paylater memungkinkan konsumen dapat melakukan pinjaman secara online dan
transaksi pembelian barang atau jasa dengan pembayaran yang dapat dicicil atau
dibayarkan nanti. Syarat pendaftaran paylater yang mudah dan tuntutan gaya hidup,
menjadikan paylater banyak digunakan oleh berbagai kalangan konsumen di
masyarakat terutama di kota-kota besar seperti Jabodetabek. Penelitian bertujuan
untuk menganalisis pengaruh karakteristik demografi, sosial, dan ekonomi terhadap
pengetahuan dan loyalitas konsumen pada pengguna paylater di Jabodetabek.
Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dan pengambilan
contoh dengan convinience sampling yang melibatkan 278 responden. Penelitian
menunjukkan pengetahuan konsumen memiliki nilai yang hampir merata.
Kemudian pada loyalitas konsumen kategori rendah dan sedang memiliki nilai yang
hampir sama. Berdasarkan hasil ditemukan bahwa karakteristik demografi yaitu
jenis kelamin laki-laki mempunyai loyalitas yang lebih tinggi terhadap penggunaan
paylater. Pada karakteristik sosial dan ekonomi ditemukan bahwa pendidikan dan
pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap pengetahuan dan loyalitas
konsumen. Pengetahuan konsumen memiliki pengaruh positif signifikan terhadap
loyalitas konsumen pengguna paylater.