Strategi Pengembangan Pasar dan Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) Ekstrak Kulit Kopi dan Potensinya Sebagai Functional Drink
Date
2023Author
Manurung, Argama Bistok Immanuel
Kuncoro, Deasy Kartika Rahayu
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia merupakan salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia
yang ikut memberikan kontribusi terhadap perekonomian negara. Kopi
menghasilkan sekitar 50% kulit kopi yang sejauh ini belum banyak dimanfaatkan.
Belift Green Beans adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang
agroindustri kopi di Indonesia yang sejauh ini hanya membuang kulit kopi yang
masih memiliki banyak kandungan bermanfaat yang dapat dimanfaatkan sebagai
antioksidan. Penelitian ini bertujuan mengolah kulit kopi menjadi ekstrak kulit
kopi dan functional drink. Lean canvas menjadi bentuk awal model bisnis dari lini
pengolahan kulit kopi karena lebih cocok diterapkan pada industri yang baru
berdiri. Analisis SWOT juga menunjukkan bahwa strategi stabilisasi menjadi
fokus utama dalam upaya pengembangan bisnis lini pengolahan kulit kopi
tersebut. Strategi stabilisasi itu sendiri yakni seperti pengembangan pasar dan
kualitas produk. Alternatif strategi pengembangan pasar yang telah dihasilkan
pada penyusunan matriks SWOT juga dapat diterapkan. Pada penelitian ini
produk yang direncanakan adalah ekstrak kulit kopi kemasan jerigen food grade
kapasitas 20 l dengan harga pokok produksi Rp 64.891/unit dan functional drink
kemasan botol food grade kapasitas 250ml Rp 5.062/unit. Indonesia is one of the largest coffee producing countries in the world that
contributes to the country's economy. Coffee produces about 50% of coffee skin
waste that has so far not been widely utilized. Belift Green Beans is one of the
companies engaged in the coffee agroindustry in Indonesia which so far only
disposes of coffee skin waste which still has many beneficial ingredients that can
be used as antioxidants. This study aims to process coffee skin waste into coffee
skin extract and functional drinks. Lean canvas is the initial form of business
model of the coffee skin processing line because more suitable for newly
established industry. SWOT analysis, also show that stabilization strategy is the
main focus for coffee skin processing line business development efforts. The
stabilization strategy is like market development and product quality. Alternative
market development strategies that have been produced in the preparation of the
SWOT matrix can also be applied. In this study, the planned products are coffee
skin extract, food grade jerry cans with capacity of 20 ls with a cost of production
is IDR 64,981/unit and functional drinks packaged in food grade bottles with a
capacity of 250ml is IDR 5,062/unit.