Show simple item record

dc.contributor.advisorZulbainarni, Nimmi
dc.contributor.advisorHasanah, Nur
dc.contributor.authorPrasetyo, A. Dony
dc.date.accessioned2023-08-10T06:45:24Z
dc.date.available2023-08-10T06:45:24Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/123519
dc.description.abstractPerkembangan media sosial memberikan manfaat dan pengalaman yang menyenangkan, namun juga menghadirkan dampak negatif seperti risiko kecanduan dan penurunan interaksi sosial langsung. Menjaga keseimbangan antara interaksi sosial online dan interaksi sosial langsung di kehidupan nyata menjadi penting karena interaksi sosial langsung memiliki manfaat yang lebih besar bagi kesejahteraan sosial individu. Dalam konteks ini, pengembangan platform media sosial yang mendorong interaksi sosial langsung berdasarkan kesamaan minat dan hobi menjadi peluang yang menjanjikan. Penelitian ini menemukan bahwa calon pengguna Hobbyst menghadapi kesulitan dalam mencari orang dengan minat dan hobi serupa di sekitar mereka. Untuk mengatasi masalah ini, Hobbyst dirancang dengan metode customer development tahap pertama, yaitu customer discovery, sebagai solusi yang memenuhi kebutuhan calon pengguna. Setelah melalui proses perumusan hipotesis, pengujian masalah, pengujian solusi, dan verifikasi BMC, prototype Hobbyst mendapatkan tingkat kelayakan yang tinggi dan business model canvas Hobbyst terverifikasi dalam tiga aspek utama: kesesuaian dengan pasar, pelanggan dan cara menjangkaunya, serta cara perusahaan menghasilkan uang.id
dc.description.abstractThe development of social media brings benefits and enjoyable experiences, but also entails negative impacts such as addiction and reduced face-to-face social interaction. Striking a balance between online and offline social interactions is crucial for individual social well-being. In this regard, the emergence of social media platforms that facilitate direct social interactions based on shared interests and hobbies presents a promising opportunity. This research reveals that potential Hobbyst customers encounter difficulties in finding individuals with similar interests and hobbies in their vicinity. To address this issue, Hobbyst is designed using the customer discovery method as a solution that caters to the needs of potential customers. Following the process of hypothesis formulation, problem testing, solution testing, and BMC verification, the Hobbyst prototype demonstrates a high level of feasibility. The Hobbyst business model canvas is verified across three key aspects: market compatibility, customer alignment, and revenue generation strategies.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleHobbyst: Platform Media Sosial untuk Komunitas Minat dan Hobiid
dc.title.alternativeHobbyst: A Social Media Platform for Communities of Interests and Hobbiesid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordbusiness model canvasid
dc.subject.keywordcustomer discoveryid
dc.subject.keywordsocial mediaid
dc.subject.keywordsocial interactionid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record