Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Somethinc pada E-Commerce di Jabodetabek
Abstract
Kebutuhan akan produk kosmetik berakibat pada tinginya pengguna
kosmetik di Jabodetabek. Pada tahun 2022 preferensi merek lokal mencapai 54%.
Somethinc sebagai salah satu merek kosmetik lokal menduduki peringkat keempat
sebagai kosmetik dengan pengguna terbanyak pada 2022. Meningkatnya pengguna
internet di Indonesia dimanfaatkan juga untuk melakukan jual beli dengan
memanfaatkan e-commerce. E-commerce sendiri menjadi media pembelian
kosmetik terbesar pada 2022. Namun penjualan Somethinc tidak menentu dan
industri kosmetik yang bertambah meningkatkan persaingan. Sehingga diperlukan
strategi untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
electronic word of mouth dan brand image terhadap keputusan pembelian kosmetik
Somethinc pada e-commerce di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan data
primer dengan menyebar kuesioner dan data sekunder yang bersumber dari buku,
jurnal, dll. Metode penarikan sampel menggunakan teknik quota sampling dan
diolah menggunakan metode analisis deskriptif dan SEM-PLS. Hasil penelitian
menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara electronic word
of mouth dan brand image terhadap keputusan pembelian produk kosmetik
Somethinc pada e-commerce di Jabodetabek. The need for cosmetic products results in a high number of cosmetic users in
Jabodetabek. In 2022, the preference for local brands reached 54%. Somethinc as
one of the local cosmetic brands is ranked fourth as the cosmetic with the most users
in 2022. The increasing number of internet users in Indonesia is also used to buy
and sell by utilizing e-commerce. E-commerce itself will be the largest medium for
purchasing cosmetics in 2022. However, Somethinc's sales are erratic and the
growing cosmetics industry increases competition. Therefore a strategy is needed
to increase sales. This study aims to analyze electronic word of mouth and brand
image on purchasing decisions for Somethinc cosmetics in e-commerce in
Jabodetabek. This study uses primary data by distributing questionnaires and
secondary data sourced from books, journals, etc. The sampling method uses quota
sampling technique and is processed using descriptive analysis method and SEMPLS.
The results showed a positive and significant influence between electronic
word of mouth and brand image on purchasing decisions for Somethinc cosmetic
products in e-commerce in Jabodetabek.
Collections
- UT - Management [3332]