Pengaruh Paparan Media Sosial, Kelompok Acuan, Perbandingan Sosial, dan Materialisme terhadap Perilaku Pembelian Impulsif
Abstract
Pembelian impulsif merupakan pembelian yang dilakukan secara spontan tanpa
perencanaan sebelumnya dan tanpa mempertimbangkan konsekuensi yang didapat.
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh paparan media sosial, kelompok
acuan, perbandingan sosial, dan materialisme terhadap perilaku pembelian impulsif.
Contoh dalam penelitian ini merupakan pengguna Instagram dan seorang
pengambil keputusan pembelian barang dan jasa yang berusia 17-55 tahun. Desain
penelitian yang digunakan adalah cross-sectional study dengan survei online pada
292 contoh. Hasil penelitian menemukan bahwa kelompok acuan berpengaruh
signifikan positif terhadap perbandingan sosial. Perbandingan sosial berpengaruh
signifikan positif terhadap materialisme. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat
pengaruh yang signifikan positif dari paparan media sosial dan materialisme
terhadap perilaku pembelian impulsif. Hal tersebut patut menjadi pertimbangan
bagi pemerintah/nonpemerintah untuk menyelenggarakan edukasi melalui lembaga,
seperti YLKI, BPSK, OJK atau BPKN sehingga konsumen terhindar dari perilaku
belanja impulsif yang merugikan.