Pemetaan Cita Rasa dan Aroma Kopi Arabika Gayo dari Hasil Cupping Test Menggunakan Panelis Konsumen
Abstract
Konsumsi kopi di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kopi Arabika Gayo merupakan salah satu kopi yang digemari di Indonesia dan sering dijadikan campuran di berbagai house blend coffeeshop dan juga kafe. Cita rasa dari kopi dapat dievaluasi dengan metode cupping test/uji cupping menurut protokol Specialty Coffee Association (SCA). Uji cupping sudah banyak dilakukan di beberapa coffeeshop untuk quality control produk kopi yang mereka gunakan. Namum, belum diteliti apakah penggunaan panelis konsumen pada uji cupping dapat diterapkan atau tidak. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan melihat cita rasa beberapa merek komersial kopi Arabika Gayo yang disukai konsumen melalui uji cupping sebagai referensi bagi coffeeshop dan melihat bagaimana hasil uji cupping jika menggunakan panelis konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan antara lain survei konsumen, persiapan sampel uji, uji cupping, pengolahan data, dan analisis data. Uji cupping dilakukan dengan menggunakan 30 panelis konsumen dan atribut yang dinilai sesuai dengan ketentuan SCA. Berdasarkan analisis data pada XLSTAT 2022 menggunakan principal component analysis (PCA), merek kopi Arabika Gayo yang lebih disukai panelis konsumen yaitu sampel AG2. Selain itu juga didapatkan hasil variasi penggunaan panelis konsumen pada uji cupping terjadi gap yang besar.