Go EduWorld: Digital Platform untuk Solusi Integrasi Pelajar Persiapan Studi Luar Negeri
Abstract
Pertumbuhan pelajar dalam melanjutkan studi luar negeri terus meningkat sebesar 62% semenjak tahun 1998. Indonesia menempati peringkat ke-22 di seluruh dunia sebagai negara yang mengirim pelajar studi ke luar negeri. Studi luar negeri memberikan banyak manfaat bagi pelajar terutama dalam menghadapi tantangan global yang penuh persaingan. Namun, pelajar ternyata menghadapi banyak masalah dalam perencanaan dan persiapan studi luar negeri. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi masalah perencanaan dan persiapan studi luar negeri, menyusun model bisnis serta merancang prototype sesuai dengan preferensi konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan customer development yang berfokus pada tahap customer discovery, dengan alat analisis Business Model Canvas. Penelitian ini menghasilkan BMC terverifikasi dan MVP aplikasi bernama Go EduWorld. Berdasarkan hasil penelitian, semua responden potensial menyatakan fitur Go EduWorld dapat menyelesaikan masalah. Namun, willingness to pay dari responden potensial untuk fitur GoScholarship tidak mencukupi sehingga digital platform Go EduWorld berisi tujuh fitur yaitu GoDoc, GoEnglish, GoConsult, Student Essentials, GoPackage, Course Finder, dan GoEvent. MVP Go EduWorld divisualisasikan dalam bentuk prototype yang diuji dan hasilnya dapat diterima menjadi solusi atas permasalahan yang ada.
Collections
- UT - Business [422]