Show simple item record

dc.contributor.advisorFewidarto, Pramono D
dc.contributor.authorArsyita, Rahmatika
dc.date.accessioned2022-12-16T04:30:07Z
dc.date.available2022-12-16T04:30:07Z
dc.date.issued2022-12-16
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/115568
dc.description.abstractIndustri Kecil dan Menengah (IKM) memiliki peran yang sangat penting bagi pembangunan ekonomi Indonesia. CV EM merupakan salah satu IKM yang bergerak dalam bidang industri batik di Pekalongan. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan pendapatan CV EM dan menciptakan perubahan pola hidup baru pada masyarakat memasuki era new normal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi profil usaha yang dijalankan CV EM, (2) Menganalisis potensi dan prospek pengembangan usaha CV EM di era new normal, (3) Menyusun strategi pengembangan usaha CV EM dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Penelitian ini diawali dengan identifikasi profil usaha, analisis potensi dan prospek usaha, selanjutnya diikuti dengan pengembangan strategi dibuat dengan analisis BMC. Gambaran hasil strategi pengembangan usaha CV EM menunjukkan adanya potensi memperluas customer segment dengan meningkatkan value propositions untuk mendukung customer relationships pada pasar lokal dan pasar ekspor. Key activities dan key partners bertambah dengan adanya kegiatan ekspor karena melihat prospek permintaan ekspor batik meningkat di era new normal. Channels diperluas dengan melihat prospek penerapan digital marketing di era new normal. Penerapan strategi usaha yang baru pada CV EM berpotensi meningkatkan biaya sebesar 20,37% menjadi Rp1.130.273.000, namun sebaliknya berpotensi meningkatkan penjualan dan memberikan kenaikan pada arus pendapatan sebesar 15% atau Rp9.746.520.000.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Pengembangan Bisnis Grosir Batik CV Elthanica Multikarya di Era New Normalid
dc.title.alternativeBusiness Development Strategy in The New Normal Era: Case on CV Elthanica Multikarya (Batik Wholesale)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordBusiness Model Canvasid
dc.subject.keyworddevelopment strategiesid
dc.subject.keywordnew normalid
dc.subject.keywordpotentialsid
dc.subject.keywordprospectsid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record