View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Strategi Pengembangan Bisnis Grosir Batik CV Elthanica Multikarya di Era New Normal

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (787.2Kb)
      Fullteks (12.99Mb)
      Lampiran (2.209Mb)
      Date
      2022-12-16
      Author
      Arsyita, Rahmatika
      Fewidarto, Pramono D
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Industri Kecil dan Menengah (IKM) memiliki peran yang sangat penting bagi pembangunan ekonomi Indonesia. CV EM merupakan salah satu IKM yang bergerak dalam bidang industri batik di Pekalongan. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan pendapatan CV EM dan menciptakan perubahan pola hidup baru pada masyarakat memasuki era new normal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi profil usaha yang dijalankan CV EM, (2) Menganalisis potensi dan prospek pengembangan usaha CV EM di era new normal, (3) Menyusun strategi pengembangan usaha CV EM dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Penelitian ini diawali dengan identifikasi profil usaha, analisis potensi dan prospek usaha, selanjutnya diikuti dengan pengembangan strategi dibuat dengan analisis BMC. Gambaran hasil strategi pengembangan usaha CV EM menunjukkan adanya potensi memperluas customer segment dengan meningkatkan value propositions untuk mendukung customer relationships pada pasar lokal dan pasar ekspor. Key activities dan key partners bertambah dengan adanya kegiatan ekspor karena melihat prospek permintaan ekspor batik meningkat di era new normal. Channels diperluas dengan melihat prospek penerapan digital marketing di era new normal. Penerapan strategi usaha yang baru pada CV EM berpotensi meningkatkan biaya sebesar 20,37% menjadi Rp1.130.273.000, namun sebaliknya berpotensi meningkatkan penjualan dan memberikan kenaikan pada arus pendapatan sebesar 15% atau Rp9.746.520.000.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/115568
      Collections
      • UT - Management [3624]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository