Analisis Pengaruh Motivasi Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Tingkat Akhir S1 IPB.
Abstract
Pengangguran yang berasal dari lulusan perguruan tinggi menjadi masalah
di Indonesia. Tingkat kesiapan kerja yang tinggi pada lulusan menjadi strategi
dalam mengatasi tingginya pengangguran di Indonesia. Mahasiswa tingkat akhir
merupakan calon lulusan dari perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah
menganalisis pengaruh motivasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir
jurusan sosial humaniora program sarjana di IPB. Metode penelitian ini
menggunakan analisis deskriptif dan pendekatan SEM-PLS. Penentuan sampel
pada penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dan penarikan
sampel menggunakan teknik quota sampling. Penelitian ini menggunakan sampel
sebanyak 297 orang mahasiswa tingkat akhir jurusan sosial humaniora. Hasil dari
penelitian ini motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja
mahasiswa tingkat akhir. Faktor motivasi yang paling berpengaruh adalah
keinginan dan minat memasuki dunia kerja. Faktor kesiapan kerja yang paling
berpengaruh adalah karakteristik pribadi. Diperlukan pemetaan minat dan bakat
mahasiswa untuk memasuki dunia kerja dan program pembinaan karakter pada
mahasiswa sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kesiapan kerja mahasiswa. Unemployment of university graduates is a problem in Indonesia. A high level of
work readiness is a strategy to overcome the high unemployment in Indonesia. Final
year students are prospective graduates from universities. The purpose of this study
was to analyze the Influence of motivation to work readiness of final year students
majoring in social humanities undergraduate program at IPB. This research method
includes a descriptive analysis and SEM-PLS approach. Determination of the
sample in this study using non-probability sampling method and quota sampling
method to get a sample. This study used a total of 297 final year students majoring
in social humanities. The results of this study indicate that motivation have positive
and significant effect to work readiness of final year students. The most influential
motivational factor is the desire and interest in entering the world of work. The most
influential factor of work readiness is personal characteristics. It is necessary to map
the interests and talents of students and character building program for students to
increase motivation and work readiness.
Collections
- UT - Management [2710]